Permintaan domestik Jepang meningkat hingga 12 kali lipat. Apa sebabnya?

Suzuki Kewalahan Penuhi Pesanan Jimny, Peluang Dijual di Indonesia Mengecil?

 
Suzuki Kewalahan Penuhi Pesanan Jimny, Peluang Dijual di Indonesia Mengecil?

Permintaan domestik Jepang meningkat hingga 12 kali lipat. Apa sebabnya?

Kehadiran Jimny Gen IV di Indonesia memang masih menjadi tanda tanya besar. Padahal mobil 4x4 mungil ini laris manis bak kacang goreng di Jepang. Konon peminat Jimny di Jepang harus rela selama enam bulan untuk mendapatkannya.

Seperti dikutip dari headlines.yahoo.co.jp (27/08), antrean panjang peminat Jimny ini mencapai 15.000 unit untuk Jimny  (660 cc) dan 1.200 unit untuk Sierra yang bermesin 1500 cc. Angka tersebut  hanya dalam jangka waktu satu bulan saja.

Bukan angka yang besar untuk total kebutuhan mobil di Jepang yang mencapai angka 4 hingga 5 juta unit. Namun, merupakan sebuah kejutan tersendiri dengan torehan angka tersebut. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, Jimny hanya terjual rata-rata 1.250 unit/bulan atau setara 15.000 unit/tahun. Dengan demikian permintaan domestik Jepang naik 12 kali lipat.

Mungkin Suzuki luput dalam memperhitungkan ekspetasi pasar di sana saat ini. Namun cukup beralasan lantaran prestasi jualan Jimny yang sedemikian rupa yang menempatkannya pada posisi niche market.

Lalu bagaimanakan peluang kemunculan SUV ini di Indonesia?

Saat ini Jimny sepenuhnya hanya dirakit di Jepang. Dari negeri matahari terbit produk inilah yang diekspor ke luar Jepang, termasuk ke pasar Eropa. Walau belum ada konfirmasi dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), namun melihat kondisi yang ada dipastikan agak sulit untuk menghadirkan produk ini di tanah air dalam waktu dekat ini.

Semoga tidak terjadi….  

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com