Petualang Rusia, Fedor Konyukhov, berhasil memecahkan rekor keliling dunia dengan balon udara selama 11 hari. Usahanya tersebut tak lepas dari bantuan sebuah Toyoa Hilux Pikap.

Toyota Hilux Bantu Pecahkan Rekor Dunia Balon Udara

 
Toyota Hilux Bantu Pecahkan Rekor Dunia Balon Udara

Petualang Rusia, Fedor Konyukhov, berhasil memecahkan rekor keliling dunia dengan balon udara selama 11 hari. Usahanya tersebut tak lepas dari bantuan sebuah Toyoa Hilux Pikap.

Guna memecahkan rekor yang diraih sebelumnya oleh Steve Fosset dari Amerika Serikat, Fedor Konyukhov, petualang Rusia berusia 65 tahun berambisi mengelilingi dunia dengan balon udara (hot air balloon) dalam waktu yang lebih singkat. Iapun berhasil melampaui rekor dalam 11 hari, lebih cepat dua hari dibandingkan Steve.

Keberhasilan ini, tak lepas dari dukungan Toyota Motor Russia, dengan Toyota Hilux sebagai penunjang jalannya misi ini. Daya angkat balon berisi gas helium ini, ditahan oleh bobot Toyota Hilux yang mengikuti Konyukhov sepanjang waktu latihan, hingga hari keberangkatan dan pendaratannya kembali.

Berbagai aktivitas didukung oleh Toyota Hilux

Keterlibatan Toyota Hilux itu sudah dimulai sejak saat latihan di Rusia, kemudian penyerahan balon udara dari Cameron Balloons pada Koeyukhov di Bristol, Inggris, hingga keberangkatan di dekat Northam, Australia.

Konyukhov, berkeliling dunia non-stop selama 11 hari, sejauh 34.950 km, yang mana pada ketinggian 10.600 kaki dpl suhunya mencapai -55 oC.

Balon udara tersebut melayang di atas lautan Pasifik, Atlantik, Samudera Hindia, mendekati Antartika, kemudian melintasi benua Australia, di atas Amerika Selatan hingga Afrika. 

Saat pendaratan dan sebelum keberangkatan harus diikat ke Hilux

“Seluruh tim Toyota mengucapkan selamat kepada Konyukhov, lelaki 65 tahun yang berhasil membuktikan kepada dunia, bahwa tak ada yang tidak mungkin bagi manusia. Terutama ketika didukung teman sejati dan kendaraan yang bisa diandalkan di berbagai medan,” ujar Tatiana Khalyavskaya, Marketing Director Toyota Motor Russia.

Toyota Hilux, digunakan oleh anak dari Fedor Konyukhov, yaitu Oscar Konyukhov. Ia harus membawa Hilux tersebut ke titik pendaratan sebelum ayahnya tiba di landasan. Juga memastikan balon udara terikat dengan kuat pada Hilux, ketika Fedor Konyukhov keluar dari ‘keranjang’ balon udaranya.

“Saya benar-benar bangga pada ayah saya. Mengelilingi dunia dengan balon udara merupakan satu dari sejuta orang yang memiliki kesempatan dan bisa mewujudkannya,” terang Oscar, yang juga bertindak sebagai ketua tim pendukung di ‘darat’.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com