Mesin Turbo 1.000 cc yang dipergunakannya setara dengan performa mesin 1.500 cc dan lebih irit bahan bakar. Berdimensi kompak, namun interiornya fungsional. Akankah hadir di Indonesia?

Toyota Luncurkan Roomy Dan Tank, Duo Mini MPV Bermesin Agya Dengan Turbo

 
Toyota Luncurkan Roomy Dan Tank, Duo Mini MPV Bermesin Agya Dengan Turbo

Mesin Turbo 1.000 cc yang dipergunakannya setara dengan performa mesin 1.500 cc dan lebih irit bahan bakar. Berdimensi kompak, namun interiornya fungsional. Akankah hadir di Indonesia?

Toyota meluncurkan dua mini MPVnya sekaligus yang diberi nama Roomy dan Tank di Jepang. Pada dasarnya keduanya merupakan mobil yang sangat mirip, mulai dari mesin, platform hingga dimensi, namun untuk memberikan keleluasaan memilih pada pelanggannya Toyota membaginya menjadi Roomy dan Tank dengan beberapa hal yang berbeda pada desain muka, lampu belakang dan beberapa ornamen di kabin.

Roomy tampil elegan
Tank berdesain sporty

 

Hal ini mengingatkan kita pada Toyota Levin dan Sprinter Trueno yang menjadi legenda di tahun 80-an.

Seperti halnya yang terjadi di era Levin-Trueno, duo Roomy dan Tank dipasarkan di pasar domestik Jepang oleh sales channel yang berbeda. Roomy dipasarkan oleh dealer Toyota dan Toyota Corolla, sedangkan Tank di bawah keagenan Toyopet dan Netz.

Sesuai dengan namanya, kedua MPV ini memiliki ruang yang cukup lega yang cukup menampung keluarga muda, khususnya bagi yang baru saja memiliki anak kecil. Mobil ini dilengkapi dengan jok yang fleksibel dapat diatur dalam beberapa konfigurasi. Selain itu dilengkapi pula dengan pintu sliding yang dilengkapi dengan penutup elektrik.

Interior cukup lega meski dimensinya kompak

 

Seperti dilansir di situs resmi Toyota, mobil yang dibuat oleh Daihatsu di Ikeda Plant, Jepang ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin tiga silinder 1.000 cc. Yakni 1KR-VE dan 1KR-VET Turbo. Kedua mesin ini memiliki basis mesin yang sama dengan yang dipergunakan pada unit Agya-Alya yang menggandalkan mesin 1KR-DE atau sama persis dengan yang dipergunakan Sigra 1.000 cc.

 

Dasbor sederhana namun fungsional

Mesin 1KR-DE tidak dilengkapi dengan teknologi dual VVT-i sedangkan 1KR-VE/VET sudah menggunakan teknologi itu, sehingga mempengaruhi gelontoran tenaga dan torsinya. 1KR-VE mampu menyemburkan daya 66 dk @6.000 rpm dengan torsi 91 Nm. Sedangkan 1KR-VET menyuguhkan tenaga 70,9 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm, torsi yang sama dengan teritorial mesin 1.500 cc.

Transmisi otomatik CVT ditengarai sebagai satu-satunya jenis girboks yang ditawarkan. Namun demikian baik Roomy maupun Tank tersedia dalam versi 2WD dan 4WD.

Toyota mengklaim bahwa kedua produknya ini cukup irit dalam pemakaian bahan bakar. Versi 2WD mampu menempuh jarak 24,6 km /liter, sedangkan versi 4WD meraih jarak 22 km/liter. Sementara versi turbonya cukup puas dengan jarak 21.8 km/liter.

Walau cukup menarik untuk bisa hadir di Nusantara tercinta, namun pada dasarnya keduanya baru saja diluncurkan di Jepang pada Rabu, (9/11) silam dan informasi tentang kehadirannya di Indonesia belum terdengar .

 
 
 
 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com