Pajero Sport Exceed, memang bukan yang favorit di jajaran SUV Mitsubishi ini. Namun, kelengkapannya tak kalah menarik dibandingkan tipe tertinggi.

Mitsubishi All New Pajero Sport Exceed : Level Menengah Yang Tak Kalah Meriah

 
Mitsubishi All New Pajero Sport Exceed : Level Menengah Yang Tak Kalah Meriah

Pajero Sport Exceed, memang bukan yang favorit di jajaran SUV Mitsubishi ini. Namun, kelengkapannya tak kalah menarik dibandingkan tipe tertinggi.

Jika dibandingkan dengan All New Pajero Sport Dakar 4x2, tampilan tipe Exceed ini, sekilas tak berbeda. Keduanya berpenampilan khas Mitsubishi di masa sekarang, dengan lampu menyipit dan gril yang besar, serta signature lamp di belakang, yang menjadi ciri Pajero Sport anyar.

Namun, jika diteliti lebih mendalam, ada beberapa hal yang berbeda pada eksterior tipe Exceed ini. Sebagai level menengah, ia tidak selengkap Dakar, namun boleh dibilang lebih dari cukup untuk sebuah SUV keluarga, karena boleh dibilang perbedaanya hanya soal stylish saja. Tentu hal ini berbanding lurus dengan harga yang ditebus, bukan?

Seperti pada lampu depan, Exceed hanya menggunakan halogen projector lamp, tanpa adanya DRL. Lain halnya dengan Dakar yang menggunakan lampu utama LED dengan auto leveling, plus DRL.

Sedangkan di belakang, memang menggunakan lampu memanjang khas Pajero Sport, namun Exceed masih menggunakan bohlam biasa, tak seperti Dakar yang menggunakan LED, meski reflektor yang memanjang ke bawah, baik Dakar dan Exceed tetap sama.

Sunroof, jangan harap hadir pada Exceed, karena memang sejak awal Pajero Sport hadir di sini, atap kaca yang bisa dibuka secara elektrik itu memang khusus Dakar. Sama halnya dengan roofrail di atap. Hanya ada pada Dakar.

Begitu pula washer headlamp, tak ditemui di Exceed.

Yak.. mari kita berpelesir menggunakan SUV ini, tentu destinasi yang dituju tak jauh dari pegunungan yang sejuk, melalui jalan berliku. Sesuai dengan karakter All New Pajero Sport bukan?

Peranti konvensional, namun tetap nyaman
Minus dari Dakar, tetapi lebih dari cukup

Berada di balik kemudi Mitsubishi All New Pajero Sport Exceed, posisinya cukup nyaman. Setelan bangku yang masih manual, dirasakan masih dapat memenuhi kebutuhan pengemudinya. Digeser maju-mundur, naik-turun serta tingkat rebah sandaran mudah disesuaikan.

Apalagi setir tetap bisa disetel tilt (naik-turun) maupun telescopic (maju-mundur), sehingga dapat disesuaikan dengan beragam postur pengemudi.

Tidak seperti versi Dakar yang menggunakan tombol Start/Stop Engine, Exceed masih perlu memutar kunci kontak untuk menghidupkan mesin. Panel instrumen juga tampak jauh lebih sederhana, meski informasi dari MID tergolong cukup.

Dengan muatan dua orang dewasa, satu balita dan seorang seorang bayi, ditambah bawaan barang masing-masing, tentu kapasitas angkut Exceed lebih dari cukup. Apalagi bangku di baris ketiga dilipat, stroller, tas dan koper masih tersisa ruang cukup lega di bagasinya. Semua penumpang pun duduk dengan leluasa, termasuk bayi yang tertidur pulas di atas baby car seat yang terkunci aman berkat fasilitas ISOFIX di bangku baris kedua.

Bangku baris kedua dilengkapi dengan ISOFIX
SUV Experience
Masih nyaman untuk orang dengan tinggi di bawah 175 cm
SUV Experience

Setelah semua muatan terangkut, perjalanan pun dilakukan. Dengan berbagai rute, Pajero Sport Exceed ini dibawa melaju di jalan tol, juga menempuh rute pegunungan yang berliku.

Melaju cukup cepat di jalan tol, memang dari segi stabilitas dan pengendalian, tak jauh berbeda dengan Dakar. Dengan tubuh jangkung bermanuver cepat tentu akan menyisakan sedikit body-roll, sebagai konsekuensi bantingan yang tidak terlalu keras dari suspensinya.

Ada sedikit hal perlu disadari, tarikan mesin dan respons transmisi persis Pajero Sport versi sebelumnya. Tentu karena transmisi juga sama dengan versi lawas, otomatik 5 percepatan. Inilah yang membuat akselerasinya juga tak segalak Pajero Sport lama versi VGT, yang meski memiliki transmisi searupa, namun dilengkapi mesin bertenaga 178 dk.

Mesin serupa Pajero Sport lama, masih cukup bertenaga
Trek bebatuan bukan masalah dengan ground clearancenya

Tetapi, siapa pula yang butuh adu kencang? Menikmati pemandangan di sekitar tol Cipularang dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam sudah cukup memuaskan.

Begitulah, level menengah dari All New Pajero Sport ini, sanggup memberikan kepuasan tersendiri, ketika diajak berpelesir dengan rute beragam.

Kemampuan melintasi trek light off-road seperti permukaan bebatuan dan sesekali tanah becek, bukan masalah bagi mobil ini. Toh sejatinya SUV ini berpenggerak empat roda yang memang habitatnya seperti itu. Tetapi, meski dengan penggerak roda belakang, beberapa lintasan yang tidak bisa dilalui sedan dan MPV, masih bisa dilalui oleh Mitsubishi All New Pajero Sport Exceed ini. 

Data Spesifikasi  
HargaRp 446 juta (OTR Jakarta)
Mesin/Kapasitas4 silinder, 2.447 cc turbo
Tenaga Maksimum136 dk/4.000 rpm
Torsi Maksimum324 Nm/2.000 rpm
TransmisiOtomatik  5-speed/RWD
Dimensi4.785 x  1.815 x 1.805 mm
Wheelbase2.800 mm
Ground Clearance218 mm
Radius Putar11,2 m (kerb to kerb)
Kapasitas Tangki68 L
Berat Kosong1.910 kg
Roda CadanganFull size
Ukuran Ban265/70 R16

 

Performa 
0-100 km/jam11,7 detik
[email protected] km/jam1.900 rpm
Pengereman 100-0 km/jam42 m

 

Konsumsi Bahan Bakar 
Dalam Kota10,3 km/l
Tol13,1 km/l

 

 

 

 
Related
Don't miss this stories
Updates

otodriver.com