Meski tidak memiliki tenaga yang besar, namun berkat transmisi CVT yang digunakan, Datsun Cross tak kesulitan di tanjakan.

Strategi dan Cara Mudah Datsun Cross Melibas Jalan Menanjak

 
Strategi dan Cara Mudah Datsun Cross Melibas Jalan Menanjak

Meski tidak memiliki tenaga yang besar, namun berkat transmisi CVT yang digunakan, Datsun Cross tak kesulitan di tanjakan.

Wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dikaruniai puluhan pantai Indah yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Hanya saja, untuk dapat menggapai pantai-pantai tersebut Anda harus melewati jalanan yang didominasi dengan tanjakan-turunan dan berkelok. Hal tersebut membuatnya cocok untuk mengecap kemampuan dan kenyamanan sebuah mobil.

Pantai Ngandong menjadi destinasi yang dipilih dalam media tes drive Datsun Cross di Yogyakarta. Pantai yang berada di selatan Wonosari ini dikenal sebagai salah satu tujuan olahraga surfing dan juga memiliki gugusan koral yang cukup indah untuk snorkling.

Kali ini kami berkesempatan untuk mencoba Datsun Cross bertransmisi CVT menuju kesana. Dengan isi tiga orang, mobil bermesin 1.200 cc ini kami ajak menempuh jarak 70 km.

Beberapa tantangan mulai kami temui saat melewati tanjakan Piyungan yang terbilang cukup terjal dan berliku. Dalam posisi transmisi di D, nyatanya Cross tidak kewalahan di sini, dan mampu melibasnya dengan mudah tanpa tersendat.

Karakter CVT yang tidak ‘galak’ di putaran bawah terasa saat melahap tanjakan, walau kemudian tetap mampu mendeliver handicap yang ada. 

Posisi transmisi L menjadi menu selanjutnya. Komposisi gir dengan rasio paling rendah ternyata menghadirkan tenaga yang lebih baik dibanding posisi D yang kami coba saat mendaki sebelumnya.

Selanjutnya kami dihadang kondisi jalan turunan. Jika dibandingkan dengan transmisi otomatik biasa, CVT masih bisa menyuguhkan engine brake. Pilihan Drive mode Sport, membuat engine brake semakin baik dan akan semakin baik lagi ketika shifter diarahkan pada posisi L.

Singkatnya, dapat disimpulkan bahwa CVT pada Cross cukup mampu menghadirkan performa yang baik dan tetap menyenangkan untuk dikendarai.

 

 
Related
Updates

otodriver.com