Perbedaan mencolok antara mesin NR dari Toyota dengan NR buatan Daihatsu adalah dari bahan yang digunakan.

Avanza Gunakan Mesin Berkode NR, Namun Bukan Bikinan Toyota.

 
Avanza Gunakan Mesin Berkode NR, Namun Bukan  Bikinan Toyota.

Perbedaan mencolok antara mesin NR dari Toyota dengan NR buatan Daihatsu adalah dari bahan yang digunakan.

Sudah dipastikan bahwa model Toyota Avanza yang akan hadir sebentar lagi adalah facelift bukan model yang benar-benar baru, seperti yang diperkirakan sebelumnya. Sehingga masih disebut sebagai generasi II.

Boleh dikatakan, Avanza generasi II ini sudah mengalami banyak perubahan, baik beberapa bagian pada desain dan juga mesin.

Kehadiran mesin 1 NR-VE (1.300 cc) dan 2 NR-VE (1.500 cc) terjadi pada masa facelift sebelumnya, pada 2015 silam dengan tajuk Grand New Avanza. Sebelum itu, sejak pertama kali muncul pada tahun 2003, Avanza menggunakan pilihan mesin K3-VE 1.300 cc dan 3SZ-VE 1.500 cc buatan Daihatsu.

Menilik pada mesin tipe NR, ingatan kita akan melayang pada tipe mesin yang digunakan Toyota Sienta, Yaris, maupun Calya, karena menggunakan kode mesin serupa.

Lantas apakah Avanza menggunakan mesin bikinan Toyota dan tak lagi menggunakan mesin racikan Daihatsu?

Ternyata kenyataannya tidak demikian. Walaupun sama-sama menggunakan kode NR, namun mesin 1NR-VE dan 2NR-VE bukanlah mesin yang diproduksi oleh Toyota, seperti halnya 2NR-FE, 2NR-FBE ataupun 2NR-FKE, yang ada di mesin Sienta maupun Yaris.

“Walau sama menggunakan mesin dengan kode NR, namun khusus mesin 1NR-VE dan 2NR-VE tidak dibuat oleh Toyota,” terang Ratna Kurniasari Head of Strategic Communications at PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), saat dihubungi  carreview.id, Jumat (04/01).

“Selain didesain untuk keperluan berbeda, seperti sistem penggerak roda, mesin-mesin NR Toyota menggunakan material Alluminum Alloy. Sedangkan untuk mesin  NR dengan akhiran VE menggunakan material low carbon steel,” tutup perempuan yang akrab disapa Nia ini.

Dari spesifikasi yang ada, jika dibandingkan dengan 2NR-FE, volumenya lebih besar 1 cc (1.497 cc), sedangkan 2NR-VE memiliki isi 1.496 cc.

Dari performa pun berbeda, 2NR-VE Dual VVT-i mengeluarkan daya 104 PS/6.000 rpm dan torsi 136 N.m/4.200 rpm. Sedangkan 2NR-FE Dual VVT-i menggelontorkan tenaga 107 PS/6.000 rpm.

Jadi, baik Avanza maupun Xenia, masih mempertahankan 'asal-usulnya' yang berasal dari Daihatsu, yang juga merupakan anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation.

 

 
Related
Updates

otodriver.com