Selain memiliki pilihan mesin bensin yang lebih banyak, varian Amerika Utara menggunakan suspensi bagian belakang yang berbeda dengan versi global termasuk Indonesia.

Ford : Perbedaan Ranger Versi Amerika Dengan Ranger Versi Indonesia

 
Ford : Perbedaan Ranger Versi Amerika Dengan Ranger Versi Indonesia

Selain memiliki pilihan mesin bensin yang lebih banyak, varian Amerika Utara menggunakan suspensi bagian belakang yang berbeda dengan versi global termasuk Indonesia.

Di pasar Amerika Utara, Ford Ranger telah dijajakan sejak 1985, sementara untuk pasar internasional termasuk Indonesia, Ranger baru mulai diperkenalkan sejak 1998 silam.

Walaupun sama-sama menyandang nama Ranger, namun kedua versi ini memiliki perbedaan dari sisi desain dan spesifikasi mesin. Namun pada dasarnya, keduanya sama-sama dibiakkan dari bibit yang sama yakni Mazda B-Series.

Tahun 2011, Ford Ranger resmi dilengserkan dari pasar Amerika utara. Sedangkan, versi globalnya yang terus berkembang hingga platform T6 sebagai Ranger generasi terkini. Pada platform T6 dikembangkan sepenuhnya oleh Ford Australia, sehingga tak menginduk pada teknologi Mazda lagi.

Cukup santer terdengar bahwa Ranger akan kembali menggelinding di jalanan Amerika Utara. Seperti dikutip dari Paultan.org (13/10), kehadirannya akan terjadi pada 2019 mendatang dan menyusul kehadiran Bronco di 2020.

Belum ada foto resmi dari Ford tentang sosok Ranger USA ini, namun beberapa bocoran foto test Ranger yang berhasil diambil, sepertinya tak terlalu banyak perbedaan dengan varian yang dijajakan secara luas di seluruh dunia.

Walau tertutup rapat dengan balutan stiker kamuflase, namun dapat dilihat dengan jelas bahwa wujud desainnya sangat mirip dengan model global T6  yang tengah dijajakan saat ini.

Ditilik dari mesin, akan terjadi perbedaan signfikan antara kedua model tersebut. Varian Amerika utara akan memiliki pilihan mesin bensin V6 Ecoboost 2.700cc (325 dk/540Nm) atau V6 Ecoboost 3.500 cc (375dk/640Nm), sedangkan untuk pilihan mesin dieselnya Ford hanya menyediakan mesin 4 silinder EcoBlue 2.000 cc turbo diesel yang dicomot dari Ford Transit dan Transit Custom.

Pilihan mesin ini jelas beda dengan T6 versi global yang ada sekarang. Di mana model ini hanya memiliki satu pilihan mesin bensin yakni 2.500 cc Duratec dan dua pilihan mesin diesel Duratorq 2.200cc turbodiesel dan  Duratorq 3.200 cc turbodiesel.

Satu yang mengejutkan. Jika diamati Ranger versi US ini akan mengikuti jejak Nissan Navara dengan mengadopsi sistem suspensi per keong pada bagian belakangnya. Sementara vrsi globalnya sejauh ini masih akan menggunakan per daun.

Tak banyak perbedaan desain dengan versi global
Suspensi per daun diganti dengan per keong

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com