Hasil ini cukup mengejutkan banyak pihak, namun dari hasil pengujian yang akurat terbukti bahwa tidak melulu V8 boros.

Inilah Bukti Bahwa Mesin V8 Lebih Irit dari 4 Silinder

 
Inilah Bukti Bahwa Mesin V8 Lebih Irit dari 4 Silinder

Hasil ini cukup mengejutkan banyak pihak, namun dari hasil pengujian yang akurat terbukti bahwa tidak melulu V8 boros.

Mesin V8 banyak diklaim sebagai mesin yang bertenaga namun haus bahan bakar. Sementara itu, bertolak belakang dengan hal tersebut, mesin 4 silinder banyak disebut sebagai mesin yang lebih irit. 

Sayangnya hal tersebut tidak berlaku dalam keluarga pick up Chevrolet Silverado 1.500.  Pada 2019 ini, Silverado memiliki pilihan mesin 4 silinder turbo 2.700 cc yang menjadi opsi lain dari mesin bervolume besar seperti mesin V8 5.300 cc yang juga digunakan pada model yang sama.

Mesin 4 silinder ini merupakan varian ekonomis yang diharap mampu memberikan kontribusi dalam penggunaan bahan bakar yang lebih irit. Namun sepertinya skenario Chevrolet dalam menyodorkan pilihan pick up irit tak seluruhnya benar dan hal tersebut dibuktikan pada Car&Drive (22/01).

Pengetesan yang dilakukan oleh Car&Driver justru menunjukkan hasil yang mengejutkan, di mana versi V8 mampu memberikan efesiensi yang lebih baik dibandingkan varian 4 silinder turbo.

Hal ini sedikit berbeda dengan data dari Environmental Protection Agency (EPA) atau badan perlindungan lingkungan Amerika Serikat yang juga melakukan tes pada kedua mobil ini.

Badan nirlaba tersebut menjabarkan bahwa model 2.7 liter turbo memiliki rata-rata dalam kota 20 mpg atau sekitar 8.5km/liter, penggunaan jalan raya 23 mpg (sekitar 9.78 liter/km) dan hitungan gabungan 21 mpg (8.93 liter/km).

Sedangkan Silverado V8 5.3 liter mampu menyuguhkan jarak rata-rata dalam kota 17 mpg (7,23 km/liter),  jalan raya 24 mpg (10,2km/liter) dan gabungan 19 mpg (8,08 km/liter).

Jadi menurut hasil dari EPA, versi V8 masih kalah irit dengan Silverado 4 silinder turbo kendati tak terlalu telak. Metode pengetesan EPA ini menggunakan kecepatan 48 mph (77km/liter). Sedang Car&Driver melakukan metode yang berbeda yakni dengan kecepatan 75 mph (121 km/jam). Angka ini merupakan kecepatan rata-rata mobil di Amerika.

Hasilnya cukup mengejutkan, Silverado 2.7 liter menyodorkan angka 18 mpg (7,65 km/liter) sedangkan Silverado V8 5.3 melejit dengan 21 mpg (8,93 km/liter), Silverado V8 kembali di atas angin lantaran memiliki bobot lebih berat sekitar 142.4kg.

 Kesimpulannya adalah mesin turbo dengan isi dan jumlah silinder lebih sedikit bagus di kecepatan rendah, hanya saja tidak pada kecepatan yang jauh lebih tinggi yang lebih dekat dengan kondisi mengemudi di dunia nyata.

Mesin V8 unggul pada kecepatan tinggi 
Silverado 4 silinder Turbo lebih irit di kecepatan rendah

 

 
Related
Updates

otodriver.com