Walau spesifikasi secara gamblang baru muncul saat peluncuran di GIIAS 2017 mendatang, namun beberapa data Small MPV baru ini bisa dijadikan bahan komparasi terhadap rival sekelas.

Komparasi Akomodasi, Fitur, dan Harga Small MPV Mitsubishi vs Toyota Avanza vs Honda Mobilio

 
Komparasi Akomodasi, Fitur, dan Harga Small MPV Mitsubishi vs Toyota Avanza vs Honda Mobilio

Walau spesifikasi secara gamblang baru muncul saat peluncuran di GIIAS 2017 mendatang, namun beberapa data Small MPV baru ini bisa dijadikan bahan komparasi terhadap rival sekelas.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenalkan kepada media nasional 'next generation MPV' yang di posisikan sebagai pemain baru di segmen yang serupa dengan  Honda Mobilio serta Toyota Avanza.

Meski mobil ini telah diperkenalkan ke awak media, namun pihak Mitsubishi masih merahasiakan identitas produk terbarunya tersebut, bahkan awak media yang diundang belum berkenan menjamah sektor interior MPV 7-seater ini.

Seperti yang dikatakan Kyoya Kondo, Presiden Direktur dari PT. MMKSI, bahwa pihaknya mengklaim mobil ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kompetitornya.

“Kami mempersembahkan Next Generation MPV sesuai keinginan para pengguna MPV di Indonesia yang meliputi keunggulan di bidang Class-Leading Body Size, Style, Akomodasi Penumpang, serta performa berkendara, model ini akan memberikan nilai lebih terhadap kualitas hidup dari para konsumen kami,” ujar Kyoya Kondo.

Seperti apakah keunggulan fitur dan akomodasinya dibandingkan para rivalnya tersebut? Kali ini kami akan mengungkap beberapa perbandingan dengan para pesaingnya.

Akomodasi

Dari segi dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Dari data tersebut, ‘Small MPV’ Mitsubishi ini memang memiliki dimensi paling besar jika dibandingkan dengan Honda Mobilio dengan panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm, serta Toyota Avanza yang memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm.

Dengan demikian, mengacu pada dimensinya, ‘Small MPV’ Mitsubishi ini memiliki ruang kabin yang paling lega.

Tak hanya itu, Mitsubishi mengklaim mobil terbarunya memiliki fitur akomodasi yang tidak dimiliki oleh pesaingnya, seperti 12 buah Cupholder, 3 buah Power Adapter 12V, serta kesamaan dengan rival lain, yaitu jok baris ke-2 dan baris ke-3 yang dapat dilipat hingga rata.

Fitur

 

Berbicara fitur, ‘Small MPV’ lansiran dalam negeri ini bisa dikatakan memiliki fitur terkini yang cukup lengkap di kelasnya.

Sebut saja, fitur Smart Keyless Entry, dan tombol Engine Start Stop merupakan fitur standar yang tidak ditemukan pada rivalnya.

Fitur penunjang kenyamanan juga melekat pada Small MPV ini, seperti AC Double Blower, One Touch Tumble pada jok baris kedua, Multi Information Display, dan, Head unit 2-DIN berlayar sentuh dengan fungsi audio di kemudi (tipe tertinggi).

Namun, Small MPV ini masih menggunakan pengontrol AC model kenop, seperti juga Toyota Avanza, sementara Honda Mobilio sudah menggunakan model layar sentuh digital.

Harga

Soal banderol harga, Small MPV ini akan ditawarkan dalam 6 tipe dengan kisaran Rp 189 - 246 jutaan, cukup kompetitif dengan Honda Mobilio maupun Toyota Avanza

Honda Mobilio yang dilabeli harga mulai dari Rp 189,5 juta (Honda Mobilio S)  hingga Rp 243,5 juta (Honda Mobilio RS CVT), sementara Toyota Avanza yang dipasarkan dalam rentang Rp 189,7 juta (Avanza 1.3 E M/T) hingga Rp 236 juta  (Veloz 1.5 A/T).

Kesimpulan

Dari pemaparan ini, dapat disimpulkan beberapa fitur dan akomodasi Small MPV ini unggul dari pesaingnya, berbanding lurus dengan konsekuensi harga yang dibanderol sedikit lebih tinggi dibandingkan rivalnya.

Penasaran dengan nama mobil ini, dan ingin melihat dari dekat? Tunggu kehadirannya saat GIIAS 2017  10-20 Agustus mendatang.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com