Honda sudah melakukan penyegaran dengan facelift pada Jazz. Berikut perbandingan dengan Toyota Yaris dari sisi spesifikasi dan harganya. Akankah Toyota meluncurkan Yaris Facelift dalam waktu dekat?

Komparasi : New Honda Jazz Facelift vs Toyota New Yaris, Persaingan Abadi Semakin Seru

 
Komparasi : New Honda Jazz Facelift vs Toyota New Yaris, Persaingan Abadi Semakin Seru

Honda sudah melakukan penyegaran dengan facelift pada Jazz. Berikut perbandingan dengan Toyota Yaris dari sisi spesifikasi dan harganya. Akankah Toyota meluncurkan Yaris Facelift dalam waktu dekat?

Walaupun dikatakan tidak sepanas persaingan di kelas MPV, perseteruan hatchback juga menarik perhatian. Apalagi sudah sejak lama terjadi 'persaingan abadi' antara Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Honda Jazz memang masih tercatat sebagai market leader pada segmen ini, namun pesaing dari kubu Three Oval yang hadir sebagai runner up cukup menjadi rival nyata yang menggerogoti pasar Jazz. 

Sebagai pemimpin pasar, Jazz generasi III berkode GK ini belum pernah mendapatkan penyegaran model sejak diluncurkan 2014 silam.

Sementara Toyota sudah melakukan gimmick khusus pada Yaris di bulan November 2016, cukup mendandani Yaris menjadi lebih jangkung dengan suspensi berbeda, serta sedikit tambahan pada bodi, maka lahirlah varian baru, Yaris Heykers.

Namun pihak Honda tidak serta merta 'latah' melahirkan varian baru pada Jazz, hingga Rabu, 26 Juli 2017 lalu, PT Honda Prospect Motor memperkenalkan Jazz facelift.

"Langkah ini menjadi upaya kami untuk menjadikan Jazz tetap memiliki daya tarik dan tentunya lebih kompetitif," tutur Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director, PT Honda Prospect Motor, selaku pemegang merek Honda di Indonesia.

"Sifatnya memang kosmetik, namun cukup membuat penyegaran yang signifikan pada Jazz,"  imbuhnya saat ditemui oleh Carreview.id di sela peluncuran Honda Jazz facelift ini.

Perubahan signifikan terjadi pada sosok varian RS dengan seabreg penyegaran mulai dari desain bumper, lampu LED pada lampu utamanya dan juga pada bagian interior, yang dilakukan pada sektor AC, head unit dan juga balutan interior baru.

Jazz RS tampil lebih dinamis dan berjiwa muda

 

Dengan ubahan yang ada, maka kasta tertinggi, New Honda Jazz RS CVT tersebut, mengalami kenaikan hingga Rp 3 jutaan. Sedangkan tipe di bawahnya, yaitu Jazz S kini diberi nama New Honda Jazz saja.

 

BACA : Komparasi : Inilah Perbedaan Jazz Lawas vs Jazz Facelift Yang Baru Diluncurkan

Jika kembali pada perseteruan dengan Toyota Yaris, peta pertarungan di antara keduanya tidak banyak berubah.

Jazz memiliki dua varian New Honda Jazz dan New Honda Jazz RS (keduanya memiliki pilihan transmisi manual 5 speed dan CVT ), sedangkan Toyota New Yaris mengadang dengan tiga tipe E, G dan TRD Sportivo. Belum lagi ditambah dengan Yaris Heykers (seluruh varian ini memiliki pilihan transmisi manual 5 speed dan  CVT).

Dengan demikian Toyota memiliki armada tempur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Jazz.

Di atas kertas Yaris berpeluang untuk menggasak pasar lebih agresif dengan rentang harga yang lebih variatif. Namun perlu diingat, bahwa perubahan 'perlawanan' yang berbeda hanya melalui Yaris Heykers saja, sedangkan pada New Yaris, tak ada ubahan baru untuk konsumennya.

Yaris Heykers andalkan ground clearance lebih tinggi

Kemunculan fitur-fitur baru, seperti teknologi LED pada lampu, penggunaan panel AC digital dengan kontrol sentuh, serta pembaruan penampilan pada eksterior maupun interior, menjadi peluru tersendiri bagi Honda.

Apalagi, dari segi harga, ketika masing-masing tipe tertinggi disejajarkan, top level Toyota New Yaris, yakni TRD CVT, memiliki harga lebih tinggi dibandingkan Honda Jazz RS CVT facelift ini.

Sekilas, perbandingan data spesifikasi serta harga Honda Jazz dengan Toyota New Yaris :

Spesifikasi New Honda Jazz

Mesin1.496 cc
Tenaga118 dk/6.600 rpm
Torsi145 Nm/4.800 rpm
Transmisi5-speed manual/otomatik CVT
Dimensi (pxlxt)3.955 x 1.694 x 1.524 mm
Wheelbase2.530 mm
HargaRp 232,5 - 272,5 juta 

 

Spesifikasi Toyota New Yaris

Mesin1.496 cc
Tenaga105,5 dk/6.000 rpm
Torsi140,2 Nm/4.200 rpm
Transmisi5-speed manual/otomatik CVT
Dimensi (pxlxt)4.115 x 1.700 x 1.475 mm
Wheelbase2.550 mm
HargaRp 231,9 - 273,9 juta 

 

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com