Walau sudah 15 tahun eksis, namun baru kali ini Daihatsu Xenia bertarung di kelas 1.500 cc

Perbandingan Dimensi dan Mesin New Xenia vs Avanza vs Ertiga vs Mobilio vs Xpander

 
Perbandingan Dimensi dan Mesin New Xenia vs Avanza vs Ertiga vs Mobilio vs Xpander

Walau sudah 15 tahun eksis, namun baru kali ini Daihatsu Xenia bertarung di kelas 1.500 cc

Daihatsu Xenia bukan bocah kemarin sore dalam persaingan mobil Low MPV. Namun, setelah menunggu selama 15 tahun akhirnya merek berlambang D inipun masuk ke dalam sengitnya persaingan di kelas 1.500 cc.

Di kelas ini, Xenia adalah ‘new kid on the block’ yang akan langsung dihadang oleh merek-merek ternama asal Jepang sebagai penguasa segmen ini.

Varian bermesin 2NR-VE akan langsung berseteru dengan saudara kembarnya sendiri yakni Avanza yang dijejali mesin serupa. Otomatis, Xenia juga akan memiliki rival seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio yang saling berebut merasakan legitnya kue di pasar MPV 1.500 cc yang merupakan primadona di Indonesia.

Daihatsu Xenia melenggang dengan dua pilihan, yaitu Xenia R Deluxe 1.5 MT dan AT sebagai kasta tertinggi dalam keluarga Xenia. Rival sekaligus saudara kandungnya, Avanza yang diperkenalkan pada hari yang sama muncul dengan tiga pilihan yakni Avanza G 1.5 MT, Avanza Veloz MT dan Avanza Veloz AT.

Menghadapi Avanza, Xenia mampu memberikan perlawanan yang cukup baik dengan pilihan yang lebih luas.

Hal ini disebabkan Avanza tidak memiliki pilihan transmisi matik pada tipe G yang merupakan lawan sepadan Xenia R Deluxe. Pilihan matik baru akan dijumpai pada varian Veloz yang notabene menjadi kelas di atas Xenia R Deluxe.

Suzuki Ertiga hadir dengan model GA sebagai varian terendah, GL dan GX sebagai varian menengah dan tertingginya. Pilihan transmisi matik tersaji pada varian GL dan GX. Bahkan untuk Ertiga GX, baik MT dan AT sudah dilengkapi fitur ESP.

Lawan tangguh lainnya adalah Honda Mobilio yang akan menyergap dengan enam pilihan mulai Mobilio S selaku varian entry level. Varian terendah ini tidak memiliki pilihan transmisi CVT. Transmisi CVT menjadi pilihan Mobilio E hingga tipe RS, yang memiliki harga tertinggi.

Dan tentunya, Xenia 1.500 cc akan menjadi lawan potensial bagi Mitsubishi Xpander. Kubu Tiga Berlian ini memiliki pilihan yang cukup beragam mulai dari varian GLX, GLS, Exceed, Sport dan Ultimate. Pilihan girboks tanpa pedal kopling alias transmisi otomatik, tersedia mulai varian GLS hingga Ultimate.

 Daihatsu Grand New Xenia 1.5Toyota New Avanza G 1.5    Suzuki Ertiga                        Mitsubishi Xpander        Honda Mobilio               
Mesin  2NR-VE 2NR-VE K15B4G91L15Z1
Dimensi (mm)4.190 x 1.660 x 1.6954.190 x 1.660 x 1.695 4.395 x 1.735 x 1.690 4.475 x 1.750 x 1.7004.398 x 1.683 x 1.603
Wheelbase2.665 mm2.665 mm2.740 mm2.775 mm2.605 mm
Transmisi manualyesyesyesyesyes 
Transmisi Matikyesnoyesyesno
Transmisi CVTnonononoyes
ESPnonoyes (Tipe GX)yes (ASC)yes (VSA)
EBDyesyesyesyesyes
ABSyesyesyesyesyes
traction controlnononoyes (ultimate)no

* ASC : Active Stability Control, VSA : Vehicle Stability Assist

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com