Kedua mobil memiliki target pasar konsumen yang berbeda. Namun begitu, keduanya sama-sama dipersenjatai mesin V8. Lalu, siapa yang lebih unggul dalam hal kecepatan?

Rivalitas Porsche Panamera VS Cadillac CTS-V. Siapa Lebih Cepat?

 
Rivalitas Porsche Panamera VS Cadillac CTS-V. Siapa Lebih Cepat?

Kedua mobil memiliki target pasar konsumen yang berbeda. Namun begitu, keduanya sama-sama dipersenjatai mesin V8. Lalu, siapa yang lebih unggul dalam hal kecepatan?

Porsche memiliki brand image yang mewakili orang-orang berjiwa sport, sedangkan Cadillac menjadi perwakilan simbol orang-orang sepuh berkantong tebal untuk mengisi hari tuanya.

Deskripsi tersebut benar jika kita melihat ke masa silam, namun terasa kurang pas jika menjelaskan kondisi seperti sekarang ini.

Porsche lebih berusaha untuk bisa diterima oleh kalangan yang lebih luas dengan membuat sedan mewah seperti Panamera, sedangkan Cadillac ingin lebih mendekatkan diri pada para penggila kecepatan dengan diwujudkannya sosok CTS-V.

Dari sisi spesifikasi, Panamera dilengkapi dengan mesin V8 DOHC dengan isi silinder 4.000 cc lengkap dengan tiupan turbo, sedangkan CTS-V mengandalkan mesin pushrod (Over Head Valve) V8 6.200 cc yang dipersenjatai dengan supercharger.

Alhasil, Panamera mampu menghadirkan daya sebesar 540dk/5.750-6.000 rpm dan torsi 770 Nm/1.996-4.500 rpm.

Sedangkan Caddy lebih unggul dengan 640 dk/6.400 rpm dan torsi 855Nm/3.600 rpm.

Dalam hal kecepatan puncak, Cadillac pun dinyatakan unggul dengan kecepatan mencapai 320 km/jam, sedangkan Porsche harus puas di angka 306 km/jam.

Walau di atas kertas Panamera memiliki mesin DOHC yang lebih canggih dibandingkan dengan mesin OHV, namun tetap saja produk Stuttgart tersebut harus mengakui keunggulan besi tua asal Detroit.

Butuh waktu 3.8 detik bagi Panamera untuk menyentuh angka 0-100 km/jam, sedangkan untuk Cadillac mengukir angkan 3.7 detik.

Hanya saja, jika menggunakan mode Sport Chrono Pack, Porsche mampu mengkoreksi angkanya menjadi 3.6 detik.

Lalu bagaimanakah jika keduanya dipertemukan?

Seperti dilansir oleh carscoops.com (19/5), kedua produk 2017 ini diuji adu cepat, bukan dari posisi diam  0-100 km/jam, melainkan dengan metode bergulir.

Pada awalnya Panamara nampak unggul, namun tak membutuhkan waktu lama, Cadillac mampu mendahuluinya. 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com