Versi Indonesia tertinggal satu generasi di belakang. Apa saja perbedaannya?

Suzuki Wagon R Versi Indonesia Vs Versi India

 
Suzuki Wagon R Versi Indonesia Vs Versi India

Versi Indonesia tertinggal satu generasi di belakang. Apa saja perbedaannya?

Suzuki Karimun Wagon R merupakan city car yang relatif sepi peminat di Indonesia, namun nasib mobil ini tertolong oleh permintaan di pasar Pakistan yang tergolong cukup diminati.

Walau demikian, nasibnya di India jauh berbeda. Mobil ini laris manis di Negeri Martabak tersebut bahkan menjadi salah satu mobil yang selalu ditunggu. Wajar saja jika Suzuki India cukup agresif dalam mempertahankan popularitas mobil ini dengan melakukan serangkaian penyegaran. Salah satunya dengan memperkenalkan generasi selanjutnya dari WagonR.

Seperti dilansir indianautosblog (16/01) mewartakan bahwa Suzuki WagonR atau di India disebut sebagai Maruti WagonR 2019 telah siap diperkenalkan.

Dikarenakan berbeda generasi, maka terdapat perbedaan perwujudan pada eksterior dan interior. Kesan yang nampak pada Wagon R India adalah perawakan yang lebih membulat yang meninggalkan kesan mengkotak seperti halnya Wagon R ala Indonesia.

Walau sekilas nampak memiliki ukuran yang sama, namun pada kenyataannya Maruti Wagon R sedikit lebih bongsor dengan dimensi (p x l x t )  3.655 x 1.620 x 1.675 mm dengan wheelbase 2.435 mm. Sedangkan versi Indomobil memiliki dimensi (p x l x t) 3.600 x 1.475 mm x 1.670 mm dengan wheelbase  2.400 mm.

Maruti menggunakan dua pilihan mesin yakni K10B 3 silinder inline, 1.000 cc, sama seperti yang digunakan Karimun Wagon R, dan mesin K12B 1.200 cc, seperti yang digunakan pada Ignis. Dikabarkan bahwa mobil ini memiliki pilihan transmisi manual 5 percepatan dan AGS 5 percepatan.

Pada interior terdapat perubahan signifikan, yaitu untuk pertama kalinya, Maruti Suzuki menawarkan WagonR dengan sistem infotainment layar sentuh, yang disebut 'SmartPlay Studio'. Sistem ini dilengkapi dengan layar 7 inci dan menawarkan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem ini akan dijejalkan pada dasbor di tipe tertinggi.

Apakah jenis Wagon R seperti ini akan menyapa pasar Indonesia? Kita tunggu saja perkembangannya.

Tampilan tipe AGS
Buritan tak terlalu mengotak seperti di Indonesia saat ini

 

 
Related
Updates

otodriver.com