Opsi mesin 1.200 cc yang akan dihadirkan pada Agya baru mampu menambah performa mesin hingga 20% lebih besar dari versi 1.000 cc. Apalagi keunggulan lainnya?

Toyota Agya : Baru Pakai Mesin 1.200 cc, Inilah Perbandingan Tenaganya Dengan Agya Lawas

 
Toyota Agya : Baru Pakai Mesin 1.200 cc, Inilah Perbandingan Tenaganya Dengan Agya Lawas

Opsi mesin 1.200 cc yang akan dihadirkan pada Agya baru mampu menambah performa mesin hingga 20% lebih besar dari versi 1.000 cc. Apalagi keunggulan lainnya?

Melalui pesan elektronik yang dikirimkan ke alamat redaksi, Carreview.id diajak PT Toyota Astra Motor untuk menyaksikan peluncuran Toyota Agya terbaru yang terjadwal melantai Jumat (7/4) mendatang.

Low Cost Green Car (LCGC) lansiran Astra yang lahir sejak tahun 2013 tersebut, diyakini bakal mengalami perubahan minor besok.

Kabar baiknya, kali ini Agya disinyalir mengalami penambahan kapasitas mesin sebanyak 200 cc karena akan menggunakan mesin 4 silinder berkode 3NR-FE Dual VVT-i seperti yang dimiliki duo Calya-Sigra. 

Namun tidak menutup kemungkinan juga jika akan menggunakan teknologi (single) VVT-i yang dipergunakan pada Toyota Etios.

Walau keduanya dikembangkan dari tipe mesin yang sama, namun hasilnya memiliki output yag berbeda.

Mesin 3NR-FE Dual VVT-i mampu memuntahkan daya 86,7 dk/6.000 rpm dan torsi 108 Nm/4.200 rpm.

Sedangkan versi VVT-i hanya mampu menggelontorkan daya 78,8 dk/5.600 rpm dan memiliki torsi puncak 104 Nm/3.100 rpm saja.

Mesin Calya-Sigra akan menggelontorkan daya 20% lebih besar

Walau demikian, apapun jenis mesin 1.200 cc yang akan disematkan dalam enginebaynya, maka akan lebih bertenaga jika dibandingkan dengan mesin saat ini yaitu 1KR-DE non VVT-i  1.000 cc.

Mesin bersilinder tiga ini hanya mampu menggelindingkan daya sebesar 64 dk/6.000 rpm dan torsi 85 Nm/3.600 rpm saja.

Penambahan satu silinder ini memang akan menambah bobot kendaraan. Namun persentase penambahan bobot tersebut tidak terlalu berpengaruh jika melihat performa meningkat yang dihasilkan.

Sudah barang tentu, penambahan tenaga dan torsi yang sangat signifikan dari Agya terbaru membuat mobil LCGC ini jauh lebih baik jika dibandingkan model sebelumnya dalam urusan performa.

Semoga saja penambahan performa ini akan diikuti juga dengan up-grade fitur keselamatan lain yang membuat mobil ini menjadi aman dan nyaman.

Mengenai nasib mesin 1.000 cc, kemungkinan Toyota juga tetap akan mempertahankannya, mungkin saja akan dipakai untuk varian paling rendah.

Namun untuk kepastiannya kita tunggu up-date dari Carreview.id pada Jumat nanti. 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com