Almaz hadir dengan fitur yang lebih banyak ketimbang HR-V kasta tertinggi sekalipun. Simak ulasannya

Wuling Almaz Ancaman Nyata Honda HR-V, Simak Perbandingannya

 
Wuling Almaz Ancaman Nyata Honda HR-V, Simak Perbandingannya

Almaz hadir dengan fitur yang lebih banyak ketimbang HR-V kasta tertinggi sekalipun. Simak ulasannya

Kehadiran Wuling Almaz akan mengubah peta pertarungan di segmen compact SUV di Indonesia. Mobil yang hadir dengan seabreg fitur canggih ini tak hanya menjadi lawan utama bagi DFSK Glory 580, namun juga berpotensi sebagai ancaman produk crossover asal Jepang seperti halnya Honda HR-V.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada konfirmasi tentang banderol resmi Almaz. Berdasar selentingan yang ada, mobil ini akan berada di range Rp 290 juta hingga 350 juta. Perkiraan harga ini memang berada di atas banderol DFSK Glory 580, namun berada dalam range harga Honda HR-V yang dijual mulai Rp 284.5 juta (tipe S M/T) dan Rp 294.5 (tipe S CVT) hingga Rp 400 juta (tipe 1.8L CVT Prestige).

Dari sisi dimensi, pendatang baru rakitan Cikarang, Jawa Barat ini memiliki ukuran (P x L x T) 4.655 mm x 1.835 mm x 1.760 mm dengan wheelbase 2.750 mm. Dengan demikian, mobil ini lebih bongsor dibandingkan HR-V yang berdimensi 4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm dengan wheelbase 2.610 mm.

Untuk mesin, crossover rebrand Baojun 530 ini hanya menawarkan satu mesin yakni 1.500 cc Turbo dengan luapan daya 140 PS dan torsi 250 Nm. Di atas kertas, kinerjanya lebih unggul dari HR-V 1.8 L yang hanya mampu mengail daya 139 PS dan torsi 169 Nm.

Namun yang menjadi ancaman sesungguhnya berasal dari fitur yang dijejalkan pada Almaz. Dapat dikatakan bahwa mobil ini mendapatkan guyuran fitur yang cukup lengkap yang tidak didapatkan pada crossover berlogo H ini.

Dari bagian dasbor Almaz cukup menonjol dengan desain yang modern yang dilengkapi dengan layar sentuh sebesar 10.4 inci. Layar ini tak hanya memiliki fungsi untuk menampilkan informasi seperti kamera 360, namun juga berfungsi untuk mengoperasikan AC dan audio. Sementara kasta tertinggi HR-V hanya menyodorkan pilihan layar 8 inci dengan pengoperasian AC secara terpisah.

Berikut perbandingan fitur-fitur yang dimiliki Almaz dan HR-V 1.8 Prestige.

 Fitur                                                     Wuling Almaz                                                   Honda HR-V 1.8 Prestige
Tyre Pressure Monitoring System YesNo
Anti-lock Braking System (ABS)YesYes
Electronic Brake Distribution (EBD)YesYes
Brake Assist (BA)YesYes
Hill Hold Control YesYes
Emergency Stop Signal (ESS)YesYes
Traction Control System YesYes
Cruise ControlYesYes
Electronic Stability Control YesYes
Kamera 360YesNo
Panoramic roofYesNo
Automatic Vehicle HoldingYesYes
ImmobilizerYesYes
Keyless EntryYesYes
Start Stop Button YesYes

 

 
Related
Updates

otodriver.com