Wuling Almaz diperkenalkan kepada media, Rabu (23/1), menandai Wuling Motors siap berbagi kue pada pangsa SUV di tanah air. Sementara masih diperkenalkan dalam satu varian, akankah bertambah tipe?

Wuling Almaz Diperkenalkan, Namun Sementara Masih Satu Varian

 
Wuling Almaz Diperkenalkan, Namun Sementara Masih Satu Varian

Wuling Almaz diperkenalkan kepada media, Rabu (23/1), menandai Wuling Motors siap berbagi kue pada pangsa SUV di tanah air. Sementara masih diperkenalkan dalam satu varian, akankah bertambah tipe?

Wuling Motors akhirnya memperkenalkan SUVnya, Almaz pada media di Indonesia. Sosok SUV ini pernah muncul di GIIAS 2018, ia hadir dengan mesin turbo 1.500 cc dengan transmisi CVT. Sejak saat itu hingga selanjutnya, belum ada informasi tentang SUV ini, baik spesifikasi maupun harganya, hingga Rabu (23/1) sosok utuh Almaz diperkenalkan pada media di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Seperti diketahui, selain di Indonesia, Almaz diketahui memiliki beberapa saudara kembar yang sudah dijajakan di Cina sebagai Baojun 530 atau di pasar India dinamakan MG Motors SUV, dan di Amerika Selatan (Colombia) dengan Chevrolet Captiva. Kehadiran Almaz di Tanah Air lebih cepat dibandingkan dengan saudara MG SUV di India. Diperkirakan publik Negeri Martabak ini baru akan mencicipi mobil 5-seater ini pada kuartal kedua 2019 (Juni).  

Dilansir dari cardekho.com (19/01) versi India memiliki pilihan mesin yang lebih banyak. Dua mesin bensin. 1.500 cc turbo dan 1.800 cc non-turbo (N/A), serta l turbo-diesel 2.000 cc. Namun, transmisi apa yang tersedia untuk pasar India, masih belum diketahui. Pilihan transmisi 5 percepatan AMT atau 6 percepatan manual tentu menjadi kemungkinan yang sangat besar untuk versi bermensin bensin. Sedangkan untuk varian diesel kemungkinan hanya akan dijajakan dengan pilihan transmisi manual saja.

Setali tiga uang dengan MG Motors, versi Tiongkok yakni Baojun 530 memiliki perbedaan dengan Almaz. SUV berlambang kuda ini menggunakan mesin turbo 1.500 cc sama dengan yang dipergunakan Almaz, hanya saja memiliki pilihan transmisi 6 percepatan manual atau 6 percepatan matik DCT (Dual Clutch Transmission).

Mungkin yang paling mirip dengan Almaz adalah Chevrolet Captiva versi Amerika Selatan. Namun lagi-lagi spesifikasinya dibedakan oleh pilihan transmisi. Captiva dijajakan dengan pilihan girboks CVT dan 6 percepatan manual.

Kembali ke Indonesia, meski pihak Wuling sudah memperkenalkan SUV barunya ini, namun tak diperoleh informasi spesifikasi apa yang akan dipasarkan Indonesia nantinya. Karena, sampai saat tulisan ini dibuat, belum ada keterangan varian apa saja yang akan disajikan serta berapa harga jual SUV untuk 5 penumpang ini.

 

Tetapi, meski begitu, besar kemungkinan SUV yang sudah dirakit pada pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi ini akan dipasarkan dalam lebih dari satu varian tentunya. Mengingat konsumen tentunya perlu diberikan penawaran yang bervariatif, agar bisa menikmati SUV yang digadang-gadankan memiliki seabrek fitur unggulan tersebut.

 

Baojun 530, Chevrolet Captiva dan MG SUV
Wuling Almaz sementara hanya punya satu pilihan mesin dan transmisi.

 

 
Related
Updates

otodriver.com