Car Review Indonesia

 

Lima Kelebihan Rem Cakram Dibanding Rem Teromol

| 13 November, 2016

Rem cakram dianggap memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan teromol. Hal ini yang membuatnya bertahan dipergunakan pada mobil modern ataupun mobil berperforma tinggi

Dari penampilan rem cakram memang lebih menarik dan memiliki kesan lebih sporty. Namun disamping itu sistem rem yang dipatentkan oleh Frederick William Lanchester di tahun 1902 ini memiliki segudang kelebihan lainnya.

“Rem cakram menjadi rem yang lebih mudah diaplikasikan dan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan tipe rem teromol,” jelas Agus Sutikno dari bengkel Pojok di bilangan Pondok Gede, Bekasi. Hal inilah yang membuat rem cakram muncul sebagai rem yang diandalkan pada mobil masa kini dan juga mobil berperforma tinggi.

Rem Cakram/Disc Brake

Setidaknya ada lima kelebihan rem cakram dibandingkan dengan rem teromol

  1. Mudah melepas panas. Karena terbuka, rem jenis ini mudah melepas panas, sehingga kinerja rem relatif lebih stabil, ketika digunakan secara ekstrem.
  2. Mudah dilakukan pemeriksaan. Rem yang terbuka ini, memudahkan pengguna mengetahui kondisi perangkat rem, baik rotor maupun brake pad-nya.
  3. Dapat menyetel sendiri. Rem cakram dapat menyetel kerapatan brake pad dengan rotor (cakramnya) secara otomatis, tidak memerlukan penyetelan khusus seperti pada rem teromol pada umumnya.
  4. Lebih ekonomis. Perangkat rotor (cakram) bisa dibeli terpisah ketika sudah aus terpakai. Meski begitu, masih diberikan kesempatan melakukan pembubutan sebelum diganti.
  5. Ringkas namun efisien. Cakram dapat dibuat berdiameter besar, sehingga tekanan piston rem lebih ringan namun pengereman lebih baik. Sedangkan teromol lebih memiliki keterbatasan dimensi.
Rem Teromol/Drum Brake

 

             

Tag : #Rem Cakram  #Rem Teromol  #Perbandingan 

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]