Bagaimana seharusnya cara mengisi air radiator dalam keadaan emergency? Berikut penjelasannya

Begini Cara Mengisi Air Radiator Dalam Kondisi Emergency

 
Begini Cara Mengisi Air Radiator Dalam Kondisi Emergency

Bagaimana seharusnya cara mengisi air radiator dalam keadaan emergency? Berikut penjelasannya

Menempuh perjalanan jauh, seperti halnya mudik lebaran kadang dihadapkan pada kejadian yang tidak diinginkan.

Salah satu permasalahan klasik yang paling sering terjadi adalah lupa untuk mengontrol volume cairan pendingin yang ada pada radiator.

Walau pun idealnya pada mobil dengan sistem pendingin yang sehat, susutnya air radiator tidak akan terjadi secara signifikan.

Akan tetapi, beda kisahnya jika kondisi sistem pendingin tak lagi prima. “Untuk menjaga segala kemungkinan, ada baiknya kita berjaga-jaga dengan membawa cairan pendingin radiator atau air bersih,” terang Agus Kayun, punggawa Bengkel Pojok di bilangan Pondok Gede Bekasi.

Agus menambahkan, saat mengisi air radiator harus diperhatikan beberapa hal. Kondisi ini dilakukan supaya proses pengisian air dapat maksimal.

Hasil yang terbaik adalah menggunakan cairan pendingin dengan spesifikasi sama dengan yang dipergunakan oleh mesin.

Jika anjurannya harus menggunakan radiator coolant, maka isilah dengan radiator coolant. Namun jika kondisi tidak memungkinkan bisa dengan menggunakan air biasa.

Khusus untuk air biasa, harus dipastikan bahwa kondisi air benar-benar bersih tanpa endapan ataupun kotoran.

Biarkan mesin mobil dalam kondisi nyala. Hal ini dimaksudkan supaya tidak muncul gelembung udara yang justru nantinya akan terjebak di dalam jalur sistem pendingin mesin.

Isi radiator dengan air.

Bisa dengan cara dituang ataupun dengan cara memasukkan air dengan botol terbalik. Cara kedua ini lebih efektif dibandingkan dengan cara pertama lantaran mampu mengeliminir timbulnya gelembung udara pada saat air masuk ke dalam radiator.

Pastikan radiator sudah terisi penuh.

Tambahkan air pada reservoir (tampungan air ) radiator. Agar lebih aman, usahakan terisi penuh. Kelebihan air dari radiator maupun resevoirnya otomatis akan terbuang dengan sendirinya.

Pastikan radiator maupun reservoirnya tertutup dengan sempurna.

Ada baiknya jika setelah proses selesai radiator dibantu dinginkan dengan cara diguyur dengan air.

 
Related
Updates

otodriver.com