Berikut kami paparkan langkah-langkah untuk Anda yang ingin mengganti oli mesin sendiri tanpa perlu ke bengkel. Mudah dan cepat.

Cara-Cara Mengganti Oli Mesin Dengan Mudah

 
Cara-Cara Mengganti Oli Mesin Dengan Mudah

Berikut kami paparkan langkah-langkah untuk Anda yang ingin mengganti oli mesin sendiri tanpa perlu ke bengkel. Mudah dan cepat.

Saat ini kita sudah memasuki hari libur lebaran. Selain jalan perkotaan yang semakin lenggang, indikatornya bisa kita lihat dari banyaknya toko dan bengkel yang tutup.

Nah, untuk Anda yang sedang pusing mencari bengkel untuk sekedar melakukan tune up ataupun mengganti oli, berikut kami paparkan cara mudah mengganti oli sendiri di rumah.

Langkah pertama, pilihlah oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Atau jika Anda ingin menggunakan merk lain, pastikan untuk menggunakan oli full-synthetic. 

Pakai oli yang memang benar-benar telah teruji dan didesain mampu dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

Memilih filter oli yang baik juga menjadi salah satu poin penting. Pilihlah filter oli yang juga tahan lama serta direkomendasikan oleh bengkel.

Langkah kedua, setelah menarik tuas pembuka kap mesin, cobalah untuk menaikkan mobil menjadi lebih tinggi. 

Cara yang bisa Anda pakai adalah dengan menggunakan dongkrak dan kemudian mengganjalnya dengan memakai jack stand.

Lepas empat sampai enam baut yang memegang bagian splash shield alias bagian plastik hitam yang ada di kolong mesin.

Copot baut pada lubang pembuangan oli dengan menggunakan kunci berukuran 13mm. Putar berlawanan dengan arah jarum jam. Pastikan Anda mengendurkan baut, bukan malah mengencangkannya. 

Lalu, biarkan oli menetes selama kurang lebih 10-15 menit hingga benar-benar kering. Sambil menunggu, Anda bisa melepas bagian engine cover.

Ketiga, lepas filter oli lama dan menggantinya dengan oli filter baru kemudian kencangkan dengan torque wrench hingga 25 Nm. Pastikan Anda juga mengganti komponen O ring.

Kencangkan kembali baut penutup saluran pembuangan oli. Jika Anda memiliki torque wrench, kencangkan hingga 30 Nm.

Keempat, Ini saatnya Anda untuk menambahkan oli sambil memastikan level oli lewat dipstick. 

Turunkan mobil dari jack stand dan biarkan selama 15 menit. Kemudian pantau kembali level oli. Jika masih kurang, segera tambahkan. Jangan lupa untuk me-reset ulang service reminder.

Langkah-langkah di atas merupakan cara paling mudah untuk mengganti oli sendiri tanpa perlu ke bengkel. Selamat mencoba. 

 
Related
Updates

otodriver.com