Aroma kabin yang bau, tentu akan mengganggu konsentrasi mengemudi dan ketidaknyamanan pada penumpang. Usah khawatir, bisa diatasi dengan mudah dengan bahan mudah didapat di sekeliling kita.

Cara Jitu Enyahkan Kabin Berbau

 
Cara Jitu Enyahkan Kabin Berbau

Aroma kabin yang bau, tentu akan mengganggu konsentrasi mengemudi dan ketidaknyamanan pada penumpang. Usah khawatir, bisa diatasi dengan mudah dengan bahan mudah didapat di sekeliling kita.

Perjalanan panjang saat mudik dibutuhkan kenyamanan yang optimal. Salah satu bentuk kenyamanan yang ada adalah kesegaran aroma kabin mobil.

Bau kabin tak sedap, dapat disebabkan oleh beberapa hal di antaranya karena bau akibat reaksi material kabin itu sendiri, material kabin yang menua ataupun dikarenakan bau tak sedap dari bawaan yang tertinggal di dalam kabin.

Dan, untuk mendapatkan aroma kabin yang segar, sebenarnya tak harus merogoh kocek cukup dalam. Bahkan bahan-bahan yang diperlukannya pun dapat diperoleh dengan mudah di sekitar kita.

“Mudah dan murah. Beberapa bahan sifatnya kuratif menghilangkan bau apek, dan bahkan beberapa bagian lainnya memiliki juga sifat preventif,” tutur Migrawan dari Karya Indah Megah Motor di bilangan Cipendawa, Cileungsi Bekasi.

1. Cuka

Cuka memiliki kemampuan untuk menetralkan aroma pada udara. Caranya dengan menuangkan cuka pada wadah yang kemudian diletakkan di dalam kabin mobil. Diamkan selama ± 12 jam dan kemudian dibuang setelah tenggang waktu tertentu. Walau pun cuka memiliki aroma khas bau kecut. Namun akan hilang seiring dengan dibuangnya cuka dari dalam kabin.

2. Baking Soda

Baking soda cukup mampu mengikat bau dalam kabin. Bahan yang satu ini ditempatkan pada wadah yang kemudian diletakkan di dalam kabin. Diamkan sekitar 8-12 jam sebelum kemudian buang, aroma dalam kabin akan kembali segar.

3. Kopi

Kopi memiliki dua fungsi sekaligus. Sebagai penyerap bau dan aromanya turut menyegarkan aroma pada kabin.  Yang dipilih untuk treatment ini adalah kopi bubuk. Cara terbaiknya adalah membungkusnya pada kain dan meletakannya pada kabin. Ganti kopi apabila aromanya sudah menghilang.

4. Kulit Jeruk

Aroma kulit jeruk segar mampu melenyapkan bau apek di dalam kabin, sekaligus memberikan aroma segar. Sifatnya menyerap bau dan juga memberikan kesegaran. Buang setelah kulit kering

5. Arang

Tak berbau dan mudah dalam penempatan, menjadi ciri dari arang. Walau daya serapnya tak seekstrem cuka ataupun bahan lainnya, namun arang merupakan material yang paling panjang umur pakainya. Bisa berbulan-bulan dipergunakan untuk menetralisir bau tak sedap.

 

 
Related
Updates

otodriver.com