Rotasi ban perlu dilakukan untuk mengoptimalkan usia pemakaian dan juga mempertahankan handling kendaraan.

Inilah Alasan Mengapa Ban Perlu Dirotasi

 
Inilah Alasan Mengapa Ban Perlu Dirotasi

Rotasi ban perlu dilakukan untuk mengoptimalkan usia pemakaian dan juga mempertahankan handling kendaraan.

Sering kita mendengar tentang kiat untuk merotasi posisi ban. Namun apakah sebenarnya tujuan utama dari merotasi ban itu?

Merotasi ban berarti memindahkan ban ke posisi lainnya pada mobil yang sama. Tujuan utamanya adalah supaya keausan ban dapat terjadi merata di semua titik.

“Tingkat keausan antara ban depan dan belakang pada kendaraan berlainan. Pada kendaraan berpenggerak roda depan memiliki kecederungan untuk lebih cepat aus,” ungkap Arfiati Puspitarini, Manager, Product & trade Marketing Consumer PT Goodyear Indonesia saat dijumpai Carreview.id beberapa waktu silam di kawasan Sentul Jawa Barat.

“Untuk itu disarankan untuk melakukan rotasi ban setiap pemakaian 10.000 - 12.000 km atau setara dengan enam bulan sekali,” sambungnya. “Tujuannya adalah supaya tingkat keausan ban dapat terjadi secara merata antar keempat ban yang ada. Sehingga pemakaian ban pun menjadi lebih panjang (maksimum) dan juga lebih safety karena tingkat tingkat keausannya akan terjadi secara bersamaan.” lanjutnya.

Berikut beberapa pola rotasi yang bisa dilakukan.

1. Untuk kendaraan penggerak roda belakang

Ban depan kanan dipindah ke posis ban belakang kiri. Sedangkan roda belakang kiri ke roda depan dipindah ke ban depan sebelah kanan. Sedangkan ban kiri depan digeser ke ban belakang sebelah kanan. Terakhir ban belakang kiri di pindahkan ke ban depan kanan.

2. Untuk kendaraan penggerak roda depan

Ban depan kiri dipindah ke posisi ban belakang kiri. Ban belakang kiri menggantikan posisi ban depan kanan dan ban depan kanan di pindah ke posisi ban belakang kanan. Sementara ban belakang kanan posisinya dipindah ke ban depan kiri.

Selain itu terdapat pola rotasi alternatif yang diperuntukkan bagi semua jenis kendaraan.

1. Dengan rotasi ban linear

Melakukan pemindahan roda belakang kanan ke roda depan kanan dan sebaliknya.

2. Melakukan rotasi dengan pola menyilang

Memindahkan ban depan kanan ke ban belakang kiri. Ban belakang ke kiri ke posisi ban depan kanan. Demikian pula sebaliknya dengan ban depan kiri ke  ban belakang kanan dan sebaliknya.

 
Related
Updates

otodriver.com