Malu karena mendorong mobil yang mogok kehabisan bahan bakar sudah pasti, namun ada bahaya lain yang bisa merusak komponen mobil, jika sering kehabisan bahan bakar.

Inilah Bahaya Yang Diakibatkan Kehabisan Bensin

 
Inilah Bahaya Yang Diakibatkan Kehabisan Bensin

Malu karena mendorong mobil yang mogok kehabisan bahan bakar sudah pasti, namun ada bahaya lain yang bisa merusak komponen mobil, jika sering kehabisan bahan bakar.

Mendorong mobil mogok karena kehabisan bahan bakar, mungkin pernah dialami banyak orang. Hal ini kerap terjadi, padahal pabrikan mobil sudah membuat berbagai indikator agar kondisi bahan bakar menipis di tangki mudah terdeteksi.

Mulai dari menggunakan jarum indikator yang menunjuk huruf E dan diikuti dengan lampu peringatan yang menyala atau berkedip atau versi 'digital' dengan menggunakan garis yang juga diikuti dengan nyala lampu peringatan.

Ketika lampu peringatan menyala, hal ini menunjukkan bahwa level bahan bakar di dalam tangki hanya tinggal 10 sampai 15% saja. Dengan sisa tersebut, dianjurkan pengemudi segera mencari SPBU terdekat untuk mengisi bahan bakar.

Namun yang kerap terjadi, dengan sisa sebanyak itu, pengemudi malah jadi terlalu percaya diri, tidak mau bergegas mengisi bahan bakar, hingga tak disadari mobil pun mogok kehabisan bahan bakar.

Kalau sudah mogok karena kehabisan bahan bakar, bukan saja memalukan, namun ada hal lebih berbahaya lagi, karena dapat merusak komponen pada kendaraan.

“Tak hanya membuat ribet karena harus mencari bahan bakar dan juga tempat refillnya, namun beberapa komponen terancam rusak,” terang Tri Handoko dari Bengkel CBX di bilangan Pondok Gede Bekasi.

Menurut Tri, komponen yang tersiksa karena tangki bahan bakar kosong, adalah pompa bahan bakar. Apalagi, umumnya mobil injeksi seperti saat ini menggunakan pompa bahan bakar terendam bahan bakar di dalam tangki.

Jika pompa bensin tidak terendam karena tangki kosong, pompa bahan bakar akan overheat, sehingga lama kelamaan akan rusak. 

Selain itu, kemungkinan besar endapan kotoran di tangki akan tersedot dan membuat filter bahan bakar cepat kotor dan bahkan bisa membuat tersumbatnya saluran bahan bakar.

Belum lagi kalau injektor terkena kotoran ini, tentu perlu biaya besar untuk mengganti perangkat tersebut.

Daripada merugi karena kerap membiarkan mobil kehabisan bahan bakar, diajurkan segera isi bahan bakar ketika lampu peringatan menyala, atau jika terlihat pada indikator bahan bakar tinggal seperempat tangki.

 
Related
Updates

otodriver.com