Agar semprotan air bersih ke kaca selalu optimal, lubang wiper washer (penyemprot air) harus selalu bersih. Agar wiper washer selalu bekerja baik, ikuti tiga langkah berikut ini.

Persiapan Mudik 2017 : Bersihkan Lubang Wiper Washer

 
Persiapan Mudik 2017 : Bersihkan Lubang Wiper Washer

Agar semprotan air bersih ke kaca selalu optimal, lubang wiper washer (penyemprot air) harus selalu bersih. Agar wiper washer selalu bekerja baik, ikuti tiga langkah berikut ini.

Wiper washer (penyemprot air wiper) kadang kurang diperhatikan. Padahal, perangkat ini sangat dibutuhkan ketika kaca kotor dan sapuan wiper perlu dibantu semprotan air bersih. 

Apalagi ketika berkendara dalam jarak jauh, seperti pada saat perjalanan mudik di libur lebaran mendatang.

“Hal yang paling sering terjadi adalah, semprotan air tidak kencang dan tidak fokus pada target yang diinginkan pada bidang kaca. Biang keroknya sebagian besar disebabkan oleh kondisi (nosel) sprayer atau selang saluran wash wiper yang kotor,” jelas Migrawan, dari Karya Indah Megah Motor yang bermarkas di Cipendawa, Bekasi.

Supaya tidak jengkel karena semprotan air wiper washer tidak lancar, maka harus dijaga kebersihan lubang wiper washer tersebut.

“Untuk menjaga agar perangkat ini dapat bekerja dengan optimal bukanlah hal yang sulit. Malah, bisa dilakukan sambil menunggu bedug maghrib,” imbuhnya.

  1. Bersihkan dengan menggunakan jarum dengan cara mengkorek-korek lobang sprayer Wiper sprayer. Setelah dikorek, bersihkan dengan air dan pastikan bahwa saluran tersebut benar-benar bersih dan lancar.
  2. Bila terdapat kerak yang membandel, bisa dibersihkan dengan cara direndam dalam cairan soda terlebih dulu. Lepas wiper washer dari dudukannya, lantas rendam dengan air dicampur dengan baking soda. Sebaiknya tidak menggunakan minuman bersoda, karena mengandung gula, karena karamelnya bisa menyumbat lubang. Diamkan sekitar 3-5 menit, kemudian bilas dengan air dan bantu dikorek dengan jarum. 
  3. Cara terakhir, cukup ekstrem dan dilakukan jika kedua langkah di atas tidak mempan untuk membasmi kerak pada saluran lubang wiper washer. Caranya juga perlu melepas wiper washer dari dudukannya, dan rendam sprayer tersebut di dalam air mendidih. Tunggu sekitar 3-5 menit, air akan menjadi sedikit keruh pertanda kerak larut pada air.

 

Thanks to :

KIM Motor

0851-0282-5888

Cara paling sederhana dengan mengkorek saluran sprayer dengan jarum.
 
Related
Updates

otodriver.com