Jika Anda berfikir ingin mudik atau berlibur menggunakan transportasi publik. Jangan lupa menerapkan hal-hal ini untuk menjaga kondisi mobil Anda di rumah tetap prima.

Tips Mudik : Jaga Kondisi Mobil Yang Ditinggal Cukup Lama

 
Tips Mudik : Jaga Kondisi Mobil Yang Ditinggal Cukup Lama

Jika Anda berfikir ingin mudik atau berlibur menggunakan transportasi publik. Jangan lupa menerapkan hal-hal ini untuk menjaga kondisi mobil Anda di rumah tetap prima.

Sebentar lagi kita akan menghadapi libur lebaran. Yap, tentunya hal tersebut selalu dinanti-nanti oleh para perantau setiap tahunnya.

Nah, untuk Anda yang tahun ini memilih berlibur atau pulang ke kampung halaman menggunakan transportasi publik. 

Jangan pernah melupakan nasib mobil Anda di rumah yang akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama ya.

Kali ini Carreview.id coba memaparkan apa saja yang perlu Anda lakukan agar mobil pribadi yang Anda tinggal di rumah tetap dalam kondisi prima.

1. Tidak Perlu Melepas Aki

Mungkin zaman dulu hal ini sering dilakukan guna meminimalisir kemungkinan aki tekor jika mobil ditinggal dalam waktu lama tanpa dipanasi sesekali. 

Namun, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh karena listrik yang terbuang nyatanya tidak terlalu besar, karena kondisi mobil tidak menyala.

Bahkan untuk mobil yang sudah injeksi, hal semacam itu tidaklah disarankan, karena akan mengakibatkan kelistrikan menjadi terganggu.

2. Angkat Wiper

Menggunakan ganjalan tidak disarankan

Usahakan Wiper diangkat, jangan hanya diganjal. Karena, jika hanya diganjal nantinya akan merusak per yang ada di wiper.

Dengan mengangkat wiper, maka hal ini berutujuan mencegah karet wiper mengeras sehingga mengakibatkan baret saat kembali digunakan.

3. Jangan Gunakan Rem Tangan

"Rem tangan yang “menggigit” selama berhari-hari bisa mengakibatkan kelengketan pada komponen-komponen pengereman," cetus Yitno, pentolan bengkel Putra Mitra di kawasan Pondok Pinang.

Solusinya, parkir mobil di tempat datar dan amankan posisinya dengan mengganjal setiap roda.

4. Periksa Kolong & Bagian Mesin

Tak banyak yang menyangka kalau tikus atau hewan hama lainnya merupakan ancaman yang serius bagi mobil.

Taruh pengusir tikus di kolong mobil untuk mencegah hewan tersebut masuk ke bagian vital mobil, seperti kabel-kabel dan mesin mobil.

5. Gunakan Pengharum Mobil

Menaruh pengharum di bawah jok atau sekitar dasbor bisa menangkal bau apek saat mobil tidak digunakan dalam beberapa waktu. 

Cara ini bisa dibarengi dengan memberi sedikit celah pada jendela, dengan catatan mobil terparkir dalam garasi yang terjamin aman.

6. Gunakan Cover Mobil

 

Menggunakan cover bisa memberi perlindungan pada cat saat mobil terparkir di luar ruangan. Seandainya barang ini tidak tersedia, opsi lainnya ialah memarkir mobil di tempat teduh tapi bukan di bawah pohon karena getahnya bisa memengaruhi cat.

Jika telah menerapkan langkah-langkah di atas, maka mudik dan liburan Anda akan lebih tenang tanpa harus memikirkan kondisi mobil di rumah.

Selamat mencoba.

 

Photo : desainrumahnya.com

 
Related
Updates

otodriver.com