Selain fasilitasnya lebih siap dan sudah tersedia, mesin diesel lebih dipilih karena dianggap lebih ekonomis dalam penggunaan bahan bakar.

Berbeda Dengan Eropa, Inilah Alasan Australia Didominasi Mobil Bermesin Diesel

 
Berbeda Dengan Eropa, Inilah Alasan Australia Didominasi Mobil Bermesin Diesel

Selain fasilitasnya lebih siap dan sudah tersedia, mesin diesel lebih dipilih karena dianggap lebih ekonomis dalam penggunaan bahan bakar.

Biang permasalahan mesin diesel selama ini tentunya disebabkan oleh residu gas buang berupa jelaga yang susah dihilangkan, sehingga mengakibatkan polusi dan juga dihadapkan pada perawatan yang lebih mahal.

Hal tersebut juga yang membuat negara-negara di Eropa mulai gencar melakukan kampanye anti mobil bermesin diesel dan dalam dua tahun belakangan ini penjualan mobil diesel di Benua Biru semakin loyo.

Jika ditelaah, kondisi ini malah sangat kontras dengan yang terjadi di Australia. Walaupun bukan tergolong negara berkembang, akan tetapi pada kenyataannya penjualan mobil diesel justru mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.

Seperti dikutip dari Motoring.com.au (28/7), Australian Bureau of Statistics (ABS) menunjukkan data yang menyebutkan bahwa penggunaan mobil diesel di Negeri Kangguru itu mengalami kenaikan 57% sejak 2012.

Diperkirakan angka ini akan tetap merangkak naik berseberangan dengan trend dunia yang semakin merapat pada teknologi mobil hybrid maupun full elektrik.

Penjualan kendaraan komersial ringan dan SUV telah menjadi pusat pertumbuhan penjualan kendaraan penenggak solar ini.

Bukan tanpa sebab, kenaikan penjualan mesin diesel juga dipicu hijrahnya pengguna mobil berbahan bakar LPG ke mesin diesel karena dianggap lebih ekonomis dalam penggunaan bahan bakar.

Kondisi ini diperburuk dengan minimnya faktor pendukung mobil hibrida atau listrik serta tidak adanya intensif pemerintah pada jenis mobil ramah lingkungan tersebut.

Kondisi ini sangat berbeda dengan pemerintah negar-negara Eropa ataupun Amerika yang sepertinya lebih antusias merespons mobil listrik ataupun hibrida lantaran peran serta pemerintah dalam mengadakan fasilitas pendukung mobil ini.

Banyak pihak yang menilai bahwa pemerintah Australia cukup lambat melakukan revolusi perubahan menuju mobil ramah lingkungan. Walaupun beberapa langkah mulai ditempuh oleh pemerintah, salah satunya mempersiapkan jalan khusus mobil listrik di Queenland.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com