Ketimbang gunakan peranti penurun emisi, BMW memutuskan menghentikan produksi M3 (F-80) lebih awal.

BMW : M3 (F-80) Stop Produksi Terkait Aturan Emisi

 
BMW : M3 (F-80) Stop Produksi Terkait Aturan Emisi

Ketimbang gunakan peranti penurun emisi, BMW memutuskan menghentikan produksi M3 (F-80) lebih awal.

Berkaca dari sejarah yang ada, biasanya umur edar BMW M3 berkisar antara 6 hingga 7 tahun. Maka khusus untuk BMW dari generasi F-80 hanya akan berumur 4 tahun saja.

Pada awal Februari ini BMW mengumumkan bahwa mobil yang mulai diperkenalkan pada 2014 ini akan dihentikan produksinya pada Agustus 2018 mendatang.

Dalam berita yang dilansir dari Autocar (02/02), pabrikan asal Bavaria itu terpaksa menghentikan perakitan M3 karena terbentur aturan polusi kendaraan terbaru di Eropa yakni Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Kendati demikian bukan berarti BMW akan menendang emblem M3 nan legendaris ini. Dikabarkan bahwa pabrikan berlambang baling-baling ini tengah merencanakan pengganti F-80 M3 yang akan muncul pada 2020 mendatang.

Walau masih gelap mengenai spesifikasinya, namun next  gen M3 akan dibekali mesin berkekuatan 462,5 PS atau lebih besar 21,2 PS lebih besar dari M3 Competition Pack saat ini. BMW mengatakan pengganti M3 nantinya dengan mampu berakselerasi sekitar 4,3 detik untuk 0-100 km/jam dengan emisi yang jauh lebih bersih.

Sebenarnya, M3 F-80 bisa saja memenuhi peraturan WLTP dengan menggunakan filter pertikel khusus di saluran pembuangan dan melakukan homologasi ulang di pabrik perakitannya.

Filter dengan sertifikasi dari WLTP itu mampu menekan kadar nitrogen oksida hingga di bawah standar minimal yang ditentukan. Akan tetapi BMW lebih memutuskan untuk memangkas M3 dari lini produksi lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

 
 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com