Tampilan produk massal, tidak sefuturistik versi konsep. Malah masih mirip Nissan Navara diberi moncong Mercy. Meski begitu, kemewahan interior dan teknologi mesinnya khas Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz X-Class : Andalkan Teknologi Mesin dan Penggerak Roda

 
Mercedes-Benz X-Class : Andalkan Teknologi Mesin dan Penggerak Roda

Tampilan produk massal, tidak sefuturistik versi konsep. Malah masih mirip Nissan Navara diberi moncong Mercy. Meski begitu, kemewahan interior dan teknologi mesinnya khas Mercedes-Benz.

Selasa 18 Juli 2017, menjadi hari bersejarah bagi Mercedes-Benz. Peluncuran pikap double cabin, merupakan pertama kalinya bagi pabrikan asal Jerman itu.

Sejak kemunculan X-Class Concept pada Geneve Auto Show 2017 lalu, publik dibuat terpana melihat penampilan yang sangat atraktif dan futuristik untuk sebuah pikap.

Imajinasi khalayak boleh saja terbentuk melalui versi konsep tersebut. Hingga peluncurkan produk massal di Cape Town, Afrika Selatan, serta streaming pada website resmi Mercedes-
Benz, menguak wujud nyata mobil ini.

Siapapun  yang sudah melihat dari teaser dan spy shoot uji jalan mobil ini, tentu tak akan kaget dengan perbedaan tampilan produk massal X-Class, yang tidak seglamor dan futuristik versi konsep.

Yang terlihat adalah, Nissan Navara dengan moncong dari Mercedes-Benz, serta diberikan modal lebih banyak, untuk interior yang lebih mewah.

Memang, wajah X-Class ini mencerminkan bahasa desain pabrikan Three Pointed Star secara umum. Grill yang memiliki kesamaan dengan GL-Class, sedangkan lampu utamanya lebih mirip GLA.

Sementara di belakang, tidak seperti versi konsep menggunakan desain cukup unik dengan lampu LED yang mengitari penutup bak, versi massal ini cukup menggunakan desain lampu konvensioal layaknya pikap kebanyakan.

Bahkan bentuk lampu belakang ini mengingatkan pada desain lampu milik Nissan Navara generasi kedua (D40).

Interior cukup dipuaskan dengan tampilan mewah khas Mercedes-Benz, meski kemewahan itu tidak seperti yang disajikan pada versi konsep.

Namun desain modern-klasik tampil di kabin X-Class, perbaduan tombol-tombol yang modern, dengan kisi-kisi AC yang berkesan klasik menghiasi interior X-Class.

Hanya saja, versi terendah, menampilkan nuansa yang cukup membosankan, karena hanya terdiri dari warna hitam, tidak seperti tipe di atasnya yang menggunakan variasi warna dan bahan.

Seperti dikabarkan oleh Cnet.com/roadshow (18/7), varian tengah dan paling atas menggunakan jok kulit dan penambahan garnis beraksen kayu.

Terdapat tiga tipe yang ditawarkan, mulai tipe X-Class Pure yang fokus sebagai mobil pekerja, X-Class Progressive dan X-Class Power yang mewakili gaya hidup, sebagai tipe tertinggi.

Pemilihan sumber daya, Mercedes memberkan mesin bensin 4 silinder bertenaga 165 dk pada X200.

Sementara mesin diesel, akan diberikan pada X220d dengan mesin turbo diesel 2.300 cc yang menghasilkan 160 dk, serta X250d Sport  dengan biturbo yang mampu menyuguhkan daya 187dk.

Namun rencana ke depan, Mercedes-Benz akan menambah opsi mesin yang lebih bertenaga untuk X350d. Mesin diesel V6, 3.500 cc dengan muntahan daya 258dk.

Semua pilihan mesin itu, akan berpasangan dengan pilihan transmisi yang tersedia. Yaitu transmisi manual 6 percepatan, serta transmisi 7-speed matik.

Pikap berdaya angkut 1,1 ton serta kemampuan tarik (tow capacity) 3,5 ton ini, akan tersedia dalam dua pilihan penggerak roda, yaitu penggerak roda belakang serta 4MATIC All-wheel Drive (AWD) khas Mercedes-Benz

Masyarakat Eropa, Australia, Argentina, Brazil, dan Afrika Selatan akan lebih dulu mencicipi pikap dari merek premium ini pada November mendatang.

Bagaimana kabar di Indonesia? Semoga akan hadir tak lama lagi.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com