Sejak tahun 1953, Chevrolet selalu berhasil membuat sebuah Sporty Utility Vehicle yang ikonik.

Sejarah Singkat Perjalanan SUV Ikonik Lansiran Chevrolet

 
Sejarah Singkat Perjalanan SUV Ikonik Lansiran Chevrolet

Sejak tahun 1953, Chevrolet selalu berhasil membuat sebuah Sporty Utility Vehicle yang ikonik.

Chevrolet merupakan salah satu pabrikan yang syarat dengan inovasi. Salah satu legenda yang dihasilkannya dan menjadi trend dunia adalah Chevrolet Suburban Carryall pada 1935. Kendaraan non bus pertama ini, mampu mengangkut delapan penumpang yang dibangun di atas sasis truk komersial.

Suburban Carryall adalah kendaraan stationwagon pertama di dunia. Selanjutnya kendaraan ini dikenal sebagai Suburban dan diproduksi hingga saat ini. Suburban memegang rekor dunia sebagai model paling tua yang masih bertahan hingga saat ini.

Seiring dengan perkembangan yang ada, maka Chevy kembali membuat dobrakan dengan menghadirkan sosok Blazer pada 1969. Sosok Blazer ini boleh dikatakan adalah sebuah Suburban yang diperpendek. Tujuannya adalah supaya kendaraan ini menjadi semakin gesit dan lincah dalam bermanuver baik di jalanan maupun jalanan off-road. Sebutran Sport Utility Vehicle (SUV) pertama kalinya berperkenalkan di dunia melalui Blazer.

Ternyata publik memberikan sambutan yang cukup baik pada varian berwheelbase pendek ini, bahkan setahun setelah kehadirannya Blazer berhasil menggunguli pesaing utamanya yakni Ford Bronco dan Jeep SJ Wagoneer pada 1970.

Selang beberapa generasi kemudian, Chevrolet Blazer memiliki pilihan model yang lebih kecil yakni S-10 Blazer. Melalui model ini muncullah nama Trailblazer sebagai trim level tertinggi dari model mid-size ini pada 1999, sebelum akhirnya muncul sebagai varian model baru pada 2002.

Nama Trailblazer semakin berkibar khususnya di Amerika Utara yang kemudian berekspansi dengan dikembangkannya varian model Asia pada 2012 silam dan dikenalkan kembali di pasar Indonesia. Model inilah yang kita kenal sebagai salah satu SUV dengan citrarasa Amerika yang masih memberikan perlawanan di tengah kompetisi ketat dengan rival-rivalnya dari Jepang.

The All-New Trailblazer menawarkan tenaga yang mumpuni, kemampuan dalam medan on dan off-road, desain eksterior yang terlihat tangguh serta desain interior yang serba guna dan muat untuk tujuh penumpang dan kargo, dengan banyak tempat penyimpanan yang pas untuk keluarga. Berbeda dengan pendahulunya, The All-New Chevrolet Trailblazer hemat bahan bakar dan menawarkan berbagai teknologi infotainment dan keamanan yang canggih.  

Chevrolet Suburan Carryall generasi perintis
Blazer, sebutan SUV pertama di dunia

 

 
Related
Updates

otodriver.com