Meski belum sempat mencicipi versi Hybrid di GIIAS 2017, beruntung kami telah merasakan kasta tertinggi dari crossover anyar Toyota yang bakal segera dipasarkan ini. Seperti apa impresinya?

First Drive : Impresi Berkendara Varian Tertinggi Toyota C-HR Sebelum Dipasarkan

 
First Drive : Impresi Berkendara Varian Tertinggi Toyota C-HR Sebelum Dipasarkan

Meski belum sempat mencicipi versi Hybrid di GIIAS 2017, beruntung kami telah merasakan kasta tertinggi dari crossover anyar Toyota yang bakal segera dipasarkan ini. Seperti apa impresinya?

Jujur saja, pada saat datang ke gelaran GIIAS 2017 lalu, Anda pasti terkesima dengan rupa Toyota C-HR di booth Toyota.

Yap, sebuah crossover menawan yang diusung oleh PT Toyota Astra Motor dihadirkan dengan mesin berkapasitas 1.8L berpadu teknologi hybrid di atas panggung.

Sayang, kami belum sempat merasakan impresi berkendara dengan crossover anyar dari Toyota saat itu. 

Namun Carreview.id beruntung, melalui importir umum Gading Autocars kami mendapatkan kesempatan langka mencoba langsung Toyota C-HR GT.

"C-HR GT ini adalah kasta tertinggi di keluarga C-HR di Jepang," ujar  Polim Santoso dari Gading Autocars yang ada di Kelapa Gading, Jakarta Utara, (24/8). 

Mengenai C-HR sendiri, mobil ini diluncurkan di Jepang pada Desember 2016 lalu dan selama kuartal pertama sudah terjual sebanyak 79.303 unit.

C-HR merupakan adalah singkatan dari coupé-high rider, sementara mobil ini masuk ke genre crossover. Jadi bisa saja C-HR dikategorikan crossover coupé. Kemudian di Jepang, C-HR dibekali dengan dua pilihan mesin yaitu 1.2L turbo dengan kode 8NR-FTS dan hybrid 1.8L dengan kode 2ZR-FXE. 

Dari sisi desain eksteriornya, C-HR terlihat dinamis dan atraktif. Warna sensual red mica membuat C-HR semakin terlihat sporty. Pada bagian head lampnya terdapat grafir bertuliskan C-HR. 

Untuk tipe GT, ada beberapa perbedaan yang terlihat, salah satunya pada lampu seinnya. Tidak hanya berkedip seperti lampu sein biasa, tapi dibuat seperti 'berjalan' sehingga lebih mudah terlihat dari arah berlawanan. 

Waktunya untuk mencoba performanya! Meski kami tidak bisa mencobanya ke jalan raya, namun performa mesin dengan turbo direct injection ini sudah cukup terasa di hentakan awal.

Mesin terasa 'enteng' membawa bodi mobil yang cukup besar berkat bantuan turbo, tentu saja untuk urusan konsumsi bahan bakar tidak akan seirit C-HR yang bermesin hybrid.

Namun untuk penggunaan di dalam kota seperti Jakarta rasanya mesin 1.2L ini sudah cukup mewakili. Apalagi dengan transmisi Super CVT-i yang membuat perpindahan transmisi tidak terasa akan semakin membuat Anda jadi lebih nyaman mengendarainya. 

Sejumlah fitur yang terdapat di C-HR GT adalah Pre-Collision system, Lane Departure Alert, Road Sign Assist dan Automatic Highbeam, serta Pedestrian Detection dan Adaptive Cruise Control yang sudah termasuk dalam paket Toyota Safety Sense. O ya, C-HR GT ini sudah dilengkapi dengan sistem All Wheel Drive yang bisa dilihat dari panel instrumen di speedometer.

Meski tidak bisa mengembangkan kecepatan, setidaknya kami bisa merasakan impresi saat C-HR GT ini bermanuver atau menikung.

Paduan suspensi depan MacPherson Strut dan belakang double-wishbone serta chassis yang 'kaku', membuat C-HR cukup mengasikan untuk dibawa melahap tikungan. Meski begitu, bantingan suspensinya masih terbilang nyaman lho!


Di interior, fitur untuk memanjakan penumpang terbilang lengkap. Sebut saja audio yang dilengkapi headunit 2-DIN monitor dengan steering switch control, heater untuk jok depan (meski belum tentu terpakai di Indonesia), AC dual zone dengan teknologi Nanoe, dan lainnya.

 

Untuk harga, Gading Autocars menawarkan Rp 798 juta. Untuk menilainya apakah harga ini pantas atau tidak dengan segala kelebihan yang ditawarkan, sebaiknya Anda mencobanya langsung ke showroom ini di jl. Boulevard Timur Raya blok NE-01/38C, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Telp. 021-22454545. 

Spesifikasi :

Mesin : 4 silinder,  1.197 cc turbo direct injection

Tenaga : 115 dk/ 5.200 rpm

Torsi maksimum : 190 Nm /1.500 rpm

Transmisi : Super CVT-i, AWD

Dimensi : 4.360 x 1.795 x 1.565 mm

Wheelbase : 2.640 mm

   

 
Related
Updates

otodriver.com