Datsun Cross akan lebih segar dan tinggi dari Datsun Go+, serta memiliki pilihan transmisi matik.

Datsun Cross : Berbeda Dengan Go+, Mengusung Desain Lebih Berani dan Punya Pilihan Transmisi Baru

 
Datsun Cross : Berbeda Dengan Go+, Mengusung Desain Lebih Berani dan Punya Pilihan Transmisi Baru

Datsun Cross akan lebih segar dan tinggi dari Datsun Go+, serta memiliki pilihan transmisi matik.

Pada 18 Januari 2018 nanti, Datsun Cross terjadwal untuk pertama kalinya hadir di dunia, dimulai dari Indonesia. Laman resmi Datsun (2/12), telah menuliskan Datsun Cross tanpa ada tambahan Go seperti banyak diwartakan sebelumnya.

Seperti diketahui bahwa Cross masih memiliki pertalian yang erat dengan Datsun Go+, dengan kata lain mobil ini merupakan versi up grade dari  Go+.

Berdasarkan sebuah foto resmi dalam laman tersebut, terkuak beberapa langkah penyegaran yang dilakukan Datsun pada mobil ini. Penampilan paling mencolok nampak pada facia yang nampak lebih agresif dengan hadirnya sepasang lampu kabut yang hadir tepat di bawah lampu utamanya.

Sementara lampu utamanya sudah mengadopsi proyektor yang akan menyuguhkan pancaran sinar lebih baik dari yang dipergunakan Datsun Go. Semakin menarik, karena pada lampu utama ditempeli dengan DRL sehingga penampilannya semakin modis.

Jika dibandingkan dengan versi konsepnya yaitu Go-Cross Concept mobil ini nyaris tidak ada perubahan yang signifikan pada bagian wajahnya. Hanya saja bumper bagian bawah nampak beda dengan hilangnya lampu kecil yang dipasang di bagian kiri dan kanan. Selain itu garnish berupa skid plate di bagian tengah versi produksi ini tak lagi berwarna silver metalik namun dikelir warna hitam.

Sama seperti dengan model konsepnya, Cross akan mengadopsi overfender dan sidemolding yang terpampang mulai dari bumper depan hingga belakang. Perkiraan kami, garnish berkelir silver yang terpasang pada side molding versi konsepnya pun bakal ditanggalkan.

Dikatakan bahwa mobil ini akan memiliki ground clearance lebih tinggi dari Go+ cukup memungkinkan, namun sepertinya tidak akan setinggi yang dipergunakan pada konsepnya, demikian juga dengan ban yang dipergunakan tidak akan selebar atau setinggi yang dipergunakan pada GO-Cross.

Mesin 1.200 cc 3 silinder masih akan dipergunakan, namun besar harapan jika mesin ini akan mengalami polesan performa untuk mengimbangi up grade yang dilakukan.

Dan isu besar Cross lainnya adalah pada hadirnya pilihan transmisi yang belum juga diungkap oleh Datsun. Pilihan girboks sejauh ini juga masih gelap. Setidaknya kita bisa berspekulasi dengan munculnya pilihan otomatik 4-percepatan seperti yang dipergunakan March, AMT (seperti yang dipergunakan Datsun Redi Go) ataukah malahan CVT.

Kita tunggu saja hingga 18 Januari nanti.

Seberapa identik dengan Datsun Go-Cross Concept?
 
Related
Updates

otodriver.com