Meskipun dipersenjatai mesin yang sama, ternyata ada perbedaan performa yang dihasilkan keduanya.

Datsun : Performa Mesin Cross Lebih Besar Ketimbang Nissan March

 
Datsun : Performa Mesin Cross Lebih Besar Ketimbang Nissan March

Meskipun dipersenjatai mesin yang sama, ternyata ada perbedaan performa yang dihasilkan keduanya.

HR12DE merupakan mesin racikan Nissan yang digunakan pada beberapa produk Nissan-Datsun, seperti Nissan Micra/March, Nissan Note maupun Datsun GO+. Mesin ini juga yang kini dipercaya untuk menjadi sumber tenaga bagi Datsun Cross.

Pada Datsun GO+, mesin tiga silinder ini memiliki output 68 PS/5.000 rpm dan mampu menuai torsi 104 Nm/4.000 rpm.  Performa ini setara dengan yang dihasilkan oleh Cross bertransmisi manual. Namun, berbeda ceritanya ketika dibandingkan dengan Cross bertransmisi CVT. Menurut data spesifikasi, Cross bertransmisi CVT mampu menyemburkan daya 78 PS/6.000 rpm dan torsi 104 Nm/4.400 rpm.

“Perbedaan output keduanya ini merupakan bentuk penyesuaian dengan jenis transmisi yang digunakan. Untuk tampil optimal, maka mesin bertransmisi CVT ini kami berikan tenaga lebih besar 10 PS dibandingkan dengan versi manual,” terang Eeichi Koito, Presiden Direktur, PT Nissan Motor Indonesia saat ditemui carreview.id di sela acara peluncuran Datsun Cross di bilangan Jakarta Selatan, (18/01).

Dari hal kemampuan tenaga, Cross CVT bahkan mampu melampaui muntahan tenaga Nissan March 1.200cc yang menempati brand positioning lebih tinggi dari Datsun. Mobil yang di negara lain disebut sebagai Micra ini hanya mampu menggulirkan daya sebesar 76 PS/6.000 rpm dan torsi 103,9 Nm/4.000 rpm.

March memiliki daya 2 PS lebih kecil dari Cross

 

 
Related
Updates

otodriver.com