Honda Jazz tetap jadi penguasa pasar walau alami penurunan penjualan. Siapa menyusul di posisi kedua dan ketiga?

Deretan Hatchback Paling Bersinar Sepanjang 2017

 
Deretan Hatchback Paling Bersinar Sepanjang 2017

Honda Jazz tetap jadi penguasa pasar walau alami penurunan penjualan. Siapa menyusul di posisi kedua dan ketiga?

Sepanjang tahun 2017, segmen hatchback boleh dikatakan cukup menarik. Walau masih didominasi oleh merek-merek Jepang Korea Selatan dan Eropa, namun tahun ini memiliki kisah yang berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), periode Januari-November 2017,  Honda Jazz masih tercatat sebagai dominator pasar dengan jumlah 15.073 unit. Angka tersebut lebih rendah dari pencapaian dalam periode yang sama tahun sebelumnya dengan jumlah 17.337 unit.

Nasib serupa dialami oleh posisi runner up yakni Toyota Yaris. Sepanjag tahun 2017 ini, sebanyak 10.160 unit berhasil diboyong keluar showroom. Namun lagi-lagi pencapaian tersebut tidaklah segemilang 2016 silam dengan torehan angka 14.489 unit.

Posisi ketiga dihuni oleh sang pendatang baru yakni Suzuki Baleno Hatchback dengan 2.140 unit. Hebatnya sedan rakitan Maruti Suzuki India ini baru dijajakan sejak bulan Juli silam alias terhitung baru 5 bulan.

Menduduki posisi keempat adalah Mazda2 yang telah berhasil mencetak rekor penjualan sebanyak 1.273 unit. Apa yang berhasil diraih merupakan pukulan yang cukup berat bagi merek dengan catchphrase Zoom-Zoom ini. Tahun sebelumnya Mazda2 berhasil terjual sebanyak 2.581 unit, dengan artian turun 50%.

Sedangkan posisi di bawahnya ditempati oleh Kia Rio dengan 414 unit dan disusul VW Polo sebanyak 384 unit dalam periode yang sama.

Toyota Yaris berada di posisi runner up sepanjang 2017 
Suzuki Baleno Hatchback, sukses menggebrak pasar

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com