Kemajuan teknologi sangat berpengaruh untuk dapatkan struktur kabin mobil yang lebih kokoh dan aman. Hasilnya tingkat keselamatan penumpang semakin baik.

Inilah Yang Terjadi Ketika Corolla 1998 vs Corolla 2015 Diuji Tabrak Frontal

 
 Inilah Yang Terjadi Ketika Corolla 1998 vs Corolla 2015 Diuji Tabrak Frontal

Kemajuan teknologi sangat berpengaruh untuk dapatkan struktur kabin mobil yang lebih kokoh dan aman. Hasilnya tingkat keselamatan penumpang semakin baik.

Membandingkan antara Toyota Corolla lansiran tahun 1995 dan Corolla 2015 tentu bukanlah sesuatu yang dapat dikatakan ‘apple to apple’ dalam hampir segala aspek, termasuk mengenai keamanan maupun keselamatannya.

Namun hal ini dilakukan oleh waktu silam Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) beberapa waktu silam.

Seperti dilansir pada News.com.au (12/5), tujuan dari tindakan ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan perbaikan teknologi keselamatan mobil penumpang dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Test yang dilakukan adalah jenis test tabrak adu kambing alias tabrak frontal (frontal crash test), di mana masing-masing mobil ditabrakkan pada kecepatan 64 km/jam.

Dan hasilnya tidak begitu mengejutkan. Corolla lansiran tahun 2015 memang mengalami kerusakan, akan tetapi secara struktural pintu depan masih bisa dibuka dengan leluasa dan kerusakannya tidak sampai merusak kontruksi dasar mobil. Konstruksi pilar A tidak banyak terpengaruh dengan tabrakan yang terjadi.

Hal ini sangat berbeda dengan Corolla dari tahun 90-an. Bagian bonnet mengalami kehancuran yang cukup masif dan dinyatakan mengalami kegagalan struktural yang cukup parah. Pilar A mengalami pergeseran yang cukup signifikan yang menyebabkan kesulitan untuk membuka pintu mobil.   

Data yang diperoleh dari boneka uji kecelakaan menunjukkan risiko cedera kepala, dada dan kaki yang sangat tinggi pada pengemudi. Skor untuk Corolla ’98 hanya 0,4 dari 16 poin yang menempatkan perolehan bintang nol.  

Sebagai perbandingan, Corolla 2015 mencetak 12,93 dari 16 poin, memberikannya peringkat keamanan bintang lima.

Dengan hasil yang ada, menunjukkan bahwa industri otomotif mengalami kemajuan yang cukup signifikan dalam mengembangkan kendaraan produksinya.

Tak melulu mengenai performa ataupun efisiensi belaka, namun juga menunjukkan adanya kemajuan struktural rancang bangun menjadi lebih aman dikendarai. 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com