Dengan hadirnya Toyota Voxy, segmen Medium-Luxury MPV di Indonesia kembali menarik untuk disimak. Bagaimana perbandingannya dengan kompetitor seperti Nissan Serena dan Mazda Biante? Berikut ulasannya.

Komparasi : Akomodasi, Fitur,dan Harga Toyota Voxy vs Nissan Serena vs Mazda Biante

 
Komparasi : Akomodasi, Fitur,dan Harga Toyota Voxy vs Nissan Serena vs Mazda Biante

Dengan hadirnya Toyota Voxy, segmen Medium-Luxury MPV di Indonesia kembali menarik untuk disimak. Bagaimana perbandingannya dengan kompetitor seperti Nissan Serena dan Mazda Biante? Berikut ulasannya.

Kelahiran Toyota Voxy yang menyasar segmen Medium-Luxury MPV nampaknya menjadi pekerjaan rumah baru bagi para pesaing sekelasnya.

Walaupun hanya sekedar berganti nama dari Nav1, mobil terbaru Toyota ini dinilai memiliki beberapa keunggulan dibanding produk lainnya.

Selain brand image yang kuat, dari beberapa perbandingan yang meliputi akomodasi, fitur, dan harga, Toyota Voxy punya catatan cukup baik jika dibandingkan dengan Nissan Serena, dan Mazda Biante.

Akomodasi

Sebuah MPV yang baik harus didukung oleh sebuah akomodasi penumpang yang baik pula. Toyota Voxy dilengkapi dengan Captain Seat yang dilengkapi dengan dua buah Arm rest, dan dilengkapi dengan dua buah meja lipat. Pada baris ketiganya, varian ini juga memiliki jok penumpang dengan konfigurasi lipat 50:50.

Sama halnya dengan MPV Nissan, varian ini juga menggunakan banku Captain Seat dengan dua buah armrest, serta dua meja lipat seperti halnya Toyota Voxy. Baris ketiganya juga serupa dengan Voxy, konfigurasi lipat 50:50.

Lain halnya dengan Mazda Biante, meski menggunakan Captain's Seat di dalamnya, namun bisa dikatakan bangku pada Mazda Biante ini bukan Captain's Seat seutuhnya.

Pasalnya Captain's Seat ini hanya dilengkapi dengan sebuah Arm rest. Dan sayangnya, Mazda Biante juga tidak memiliki meja lipat seperti para kompetitornya. Namun untuk menutupi kekurangannya, Mazda Biante memiliki konfigurasi jok baris kedua yang dapat digeser ke kiri dan ke kanan dan dapat diputar 360 derajat.

Fitur

Adik dari Toyota Alphard ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh para rivalnya. Seperti tirai di pintu belakang, dua moonroof, dan Cruise Control.

Meski demikian, Voxy juga diperkaya oleh beberapa fitur mobil-mobil terkini, mulai dari Smart Keyless Entry, Engine Start Stop, pintu geser elektrik, Head unit dengan layar sentuh, Rear Seat Entertainment dan layar dari kamera parkir dengan garis pemandu.

Berbeda dengan Nissan Serena, yang hanya dilengkapi oleh fitur-fitur seperti Engine Start Stop Button, Smart Keyless Entry, Head unit layar sentuh 6 inci, Rear Seat Entertainment, pintu geser elektrik hanya bagian kiri, dan kamera parkir.

Sedangkan kompetitor terakhir, yaitu Mazda Biante, mobil ini hadir dengan fitur yang lebih minim dibandingkan dua kompetitornya. Fitur-fiturnya meliputi Smart Keyless Entry, Head unit berlayar sentuh 6 inci, Rear Seat Entertainment, pintu ,kamera parkir,dan dua buah pintu geser elektrik.

Harga

Setelah membahas masalah akomodasi serta fitur, tak lengkap rasanya jika tidak membahas harga. Toyota Voxy memiliki banderol harga Rp 446 juta, Nissan Serena tipe tertinggi dihargai Rp 465 juta, sedangkan Mazda Biante memiliki angka jual Rp 449 juta.

Kesimpulan

Kehadiran ‘Baby Alphard’ di tanah air memang menjadi momok yang mengerikan bagi para rivalnya. Hal ini dikarenakan dengan banderol harga kompetitif dan berada di posisi harga antara Nissan Serena dan Mazda Biante. Selain itu, Toyota Voxy juga unggul dari segi fitur-fitur yang tersemat di dalamnya.

 
Related
Updates

otodriver.com