Ada hal unik dengan Toyota Yaris Sedan yang akan dipasarkan di Thailand ini. Menempatkan posisi di bawah Vios, ada beberapa perbedaan signifikan pada sedan yang menggunakan mesin 1.200 cc itu.

Toyota Yaris Sedan : Berbeda Dimensi Dengan Vios Dan Menggunakan Mesin 1.200 cc

 
Toyota Yaris Sedan : Berbeda Dimensi Dengan Vios Dan Menggunakan Mesin 1.200 cc

Ada hal unik dengan Toyota Yaris Sedan yang akan dipasarkan di Thailand ini. Menempatkan posisi di bawah Vios, ada beberapa perbedaan signifikan pada sedan yang menggunakan mesin 1.200 cc itu.

Banyak yang berpendapat bahwa Yaris dan Vios memiliki garis keluarga yang sama. Pendapat ini bisa saja benar ataupun juga sebaliknya. Karena, di beberapa negara Vios memang dibiakkan dari embrio yang sama dengan Yaris, namun di tempat lain bisa saja ceritanya berbeda.

Seperti dilansir oleh Indianautosblog.com (5/6), salah satu blog di Thailand telah berhasil mendapatkan info tentang Yaris sedan yang 'kasta'nya berada di bawah Vios.

Apa saja perbedaannya? Secara keseluruhan memang terlihat mirip, namun ada beberapa hal detail yang berbeda.

Seperti soal dimensi keseluruhan yang tak sama dengan Vios, karena Toyota Yaris Sedan ini memiliki panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.475 mm dan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.550 mm.

Sedangkan Vios sendiri panjang 4.410 mm, lebar 1.700 mm, sedangkan untuk tinggi keduanya sama di angka 1.475mm, begitupun dengan panjang sumbu rodanya, sama-sama 2.550 mm.

Jelas, terjadinya selisih panjang keseluruhan sebanyak 15 mm, serta lebar keseluruhan terdapat selisih 30 mm, karena perbedaan aksen pada bumper maupun spion saja.

Yaris Sedan 

Dari gambar spyshot yang diperoleh, kendati terbungkus rapat balutan kamuflase, sekilas nampak sedan Yaris ini memiliki garis desain yang nyaris sama dengan desain Corolla Altis.

Pada bagian fascia depan, kemungkinan akan memiliki model serupa dengan versi hatchbacknya.

Dikabarkan pula bahwa terdapat lima varian Yaris Sedan yang akan ditawarkan, yakni J ECO, J, E, G, dan S.

Beberapa fitur termasuk sistem infotainment touchscreen, kamera parkir belakang, display multi-info TFT, velg 15 inci, Tombol Start/Stop Engine, dan AC climate control.

Varian J ECO, J dan E akan memiliki interior yang hitam, sedangkan G dan S mendapatkan aksen two-tone, kombinasi dengan warna krem.

Namun ada hal yang cukup menarik, yaitu pada Yaris sedan ini, tak digunakan mesin 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc seperti umumnya Vios atau Yaris sekalipun.

Sedan ini menggunakan mesin 3NR-FE, 1.200 cc, Dual VVT-I seperti yang dipergunakan pada Calya ataupun Agya 1.2 L.

Semua model tersebut, hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatik Super CVT-I saja.

Namun perlu diingat, bahwa spesifikasi ini sementara hanya akan ditemui di Thailand, India ataupun beberapa negara lainnya di Asia.

Sedangkan untuk tanah air, sepertinya Toyota tidak memasarkan versi mesin di bawah 1.500 cc. 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com