Keberadaannya sering kali diabaikan, namun ternyata fungsinya cukup penting.

Inilah Fungsi Frit Band, Pita Hitam Pada Sekeliling Pinggiran Kaca

 
Inilah Fungsi Frit Band, Pita Hitam Pada Sekeliling Pinggiran Kaca

Keberadaannya sering kali diabaikan, namun ternyata fungsinya cukup penting.

Apakah Anda sering memperhatikan bagian berkelir hitam dengan titik-titik hitam di sepanjang pinggiran kaca mobil Anda? Bagian hitam ini dikenal sebagai frit band. Biasanya ditemui pada kaca depan dan belakang.

Frit band adalah pita enamel hitam yang dipasangkan pada kaca pada saat proses pembuatan kaca dengan cara dipanaskan dengan suhu tinggi sehingga menyatu dengan kaca.

Menurut dedona.com, tujuan pertamanya adalah untuk memberikan permukaan yang lebih kesat dan kasar dibandingkan permukaan kaca biasa. Dengan demikian, lem kaca dapat merekat lebih sempurna pada bingkai kaca mobil.

Secara kosmetik, frit band berfungsi juga untuk menyembunyikan lem di balik warna hitamnya tersebut. Namun terdapat fungsi lainnya yakni untuk melindungi perekat (lem) dari sengatan langsung radiasi UV. Dengan demikian, perekat yang menjadi satu-satunya media untuk mengikat kaca dengan bingkai kaca lebih awet dan tidak getas. Dengan kondisi karet perekat yang baik, maka akan terhindar dari kebocoran saat hujan. 

Frit band baru digunakan secara luas pada pertengahan tahun 70-an. Di mana banyak ditemui pada sedan-sedan Amerika yang telah terlebih dulu menggaplikasi jenis kaca yang ditempel menggunakan lem. Namun, saat itu hanya sebatas untuk memperkuat media pelekatnya.

Dalam perkembangannya, tebal frit band diperbesar sehingga berfungsi sebagai pelindung lem. Perkembangan lebih lanjut, hadir titik-titik dengan ukuran yang bervariasi pada kaca.

Tujuan kehadiran titik-titik ini adalah untuk membantu membuang panas pada permukaan kaca dan membuat mempembuat transisi cahaya lebih halus sehingga membuat pengemudi lebih nyaman mengendarai terutama pada di bawah terik sinar matahari.

Jeep menggunakan ciri frit band berbentuk Willys 1944
Salah satu perkembangan frit band untuk mereduksi silau karena sinar matahari 

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com