Ban cadangan layaknya pahlawan yang hadir sebagai penyelamat saat dibutuhkan. Agar tetap berjasa melakukan fungsinya sebagai ban pengganti saat kempis, pantau terus kondisnya

Ban Cadangan : Jangan Lupakan Keberadaannya, Pastikan Kondisinya Siap Pakai Saat Dibutuhkan

 
Ban Cadangan : Jangan Lupakan Keberadaannya, Pastikan Kondisinya Siap Pakai Saat Dibutuhkan

Ban cadangan layaknya pahlawan yang hadir sebagai penyelamat saat dibutuhkan. Agar tetap berjasa melakukan fungsinya sebagai ban pengganti saat kempis, pantau terus kondisnya

Mengalami kejadian ban kempis di jalan memang menyebalkan. Tambah kesal saat ingin mengganti ban cadangan, ternyata kempis juga akibat jarang terpantau kondisinya.

Karena letak yang tersembunyi dan jarang digunakan, ban cadangan kerap luput dari perhatian. Hanya ketika akan melakukan perjalanan jauh saja, 'si anak tiri' ini diperhatikan kondisinya.

Bengkel resmi sebetulnya telah menerapkan Standard Operation Prochedure (SOP) setiap pemeriksaan berkala 10.000 Km. Biasanya jarak tempuh tersebut baru tercapai setelah 6 bulan.

Karet bundar yang tak terpakai untuk jangka waktu yang cukup lama, membuat tekanan anginnya berpotensi kurang, meski hanya sedikit.

Sebaiknya luangkan waktu setiap dua minggu sekali untuk memeriksakan kondisinya, agar ban cadangan selalu siap digunakan. Mulai dari tekanan anginnya, fisik ban serep hingga kebersihannya.

“Untuk ban serep model full size, tekanan angin yang ideal disamakan saja dengan ketentuan bawaan mobil. Angka tekanan ban biasanya tertera di pilar pintu atau bisa membaca di buku petunjuk manual,” ungkap Juni Feri, Service Advisor, KIA Sunter.

Menghemat ruang, ban cadangan space saver menjadi pilihan.

Sementara untuk ban serep temporary atau space saver yang berdimensi kecil, ukuran tekanan angin yang diperlukan tertera pada bagian pelek ban serep tersebut, Feri menambahkan.

Tak hanya tekanan, pemeriksasan juga dilakukan terhadap kondisi fisik ban cadangan. Pastikan kondisi tapak ban masih dalam batas aman dengan memantau ketebalan karet yan berada di atas tanda TWI ( Tire Wear Indicator).

Saat disimpan untuk jangka waktu yang lama, dinding ban juga harus diperhatikan. Jangan biarkan sisi yang sama terlalu lama menempel pada bodi mobil, sehingga merusak konturnya. Sesekali putar ban serep, akan membuat ban cadangan ini lebih awet.

Hal ini juga berlaku bagi mobil dengan tempat ban serep di kolong. Karena kerap terkena ciptratan air hujan dan debu jalanan kondisinya seringkali kotor. Sesekali diturunkan untuk dicuci sambil diperiksa agar tetap siap saat dibutuhkan.

Sebaiknya, jika menggunakan ban cadangan dengan ukuran yang sama, lakukan rotasi 5 ban secara berkala.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com