Bukan tak mungkin mur dan baut roda slek saat hendak mencopot atau memasang pelek. Penyebabnya bisa karena beberapa hal, namun ada hal penting yang perlu diperhatikan jika mengganti baut roda.

Ganti Baut Roda, Pastikan Orisinal

 
Ganti Baut Roda, Pastikan Orisinal

Bukan tak mungkin mur dan baut roda slek saat hendak mencopot atau memasang pelek. Penyebabnya bisa karena beberapa hal, namun ada hal penting yang perlu diperhatikan jika mengganti baut roda.

Meski jarang dibuka tutup, mur dan baut roda tetap berpotensi bermasalah. Bukan tak mungkin mur dan baut roda slek saat hendak mencopot atau memasang pelek. Penyebabnya bisa  beberapa hal, misalnya “Saat memasang mur, kondisinya miring namun tetap dipaksakan,” kata Bambang Setyono, Operational Manager, Nawilis Radio Dalam. Selain itu, terkadang baut yang berkarat atau kotor juga bisa jadi penyebab slek atau patah. 

Cara mengatasinya paling gampang adalah mengganti dengan  yang baru. Namun Jangan asal ganti, “Harus orisinal pabrik. Karena menyangkut keselamatan dan juga daya tahan,” ujar Bambang menjelaskan.
Kenapa harus pakai baut orisinal? Karena lebih kuat. Penggunaannya pun lebih aman dan bisa bertahan lama.  Namun kalau ganti baut, perhatikan juga ukuran bautnya, harus sama. Sesuaikan dengan panjang dan diameter baut asli.

Mengukurnya, perhatikan putaran mur dengan baut saat dikencangkan. “Minimal lima putaran sudah cukup, bahkan lebih dari lima kali lebih baik,” lanjut pemukim bilangan Pamulang ini. O iya, lebih baik sedikit diolesi gemuk saat pemasangan. Sedikit saja, agar baut lebih awet. 

 
Updates
Popular

    otodriver.com