Cukup banyak ragam dan kemampuan, membuat pengguna harus memahami jenis sekering. Bagaimana memilihnya? Manakah yang sesuai dengan kendaraan Anda?

Sekering : Pahami Ragamnya Agar Tak Salah Aplikasi

 
Sekering : Pahami Ragamnya Agar Tak Salah Aplikasi

Cukup banyak ragam dan kemampuan, membuat pengguna harus memahami jenis sekering. Bagaimana memilihnya? Manakah yang sesuai dengan kendaraan Anda?

Sekering (berasal dari bahasa Belanda, Zekering) atau dalam bahasa Inggris, fuse, merupakan peranti yang bertugas mencegah rambatan arus terlalu besar pada peranti elektronik kendaraan. 

Berbeda mobil, tentu berbeda pula model peranti penjaga arus listrik berlebih tersebut. Sekering juga memiliki kapasitas pemutus arus mulai dari 5 ampere hingga 40 ampere.  Ditandai kode di bagian bawah sekering dan warnanya masing-masing.

Sekering tergolong memiliki umur panjang, terutama jika mobil masih dalam kondisi standar dengan kabel-kabel yang berfungsi normal. Meski demikian, tak ada salahnya menyediakan sekering cadangan. Untuk menambah jumlah yang disediakan pabrikan.

Agar tak salah beli, sebaiknya pastikan dan sesuaikan dengan sekering bawaan pada mobil Anda.

Sekering Tabung Kaca

Berbentuk silinder dengan tabung kaca, dan terminal kuningan bulat di kedua sisinya. Peranti pemutus arus terdapat di dalamnya yang berbahan zinc atau menyerupai seng. Biasanya hanya digunakan oleh mobil lawas sebelum keluaran 90-an. Bahasa keren dari sekering ini adalah cartridge fuse.

Cartridge Fuse / Sekring Tabung

Sekering Tabung Keramik

Bentuknya masih menyerupai silinder namun dengan bahan keramik sebagai isulator kelistrikannya. Di kedua sisi terminalnya terlihat sedikit menyudut dengan bahan terminal besi kuningan. Biasanya digunakan oleh mobil Eropa lawas, seperti Mercedes-Benz, BMW dan Volvo hingga era 90-an. Di luar sana orang menyebutnya dengan cartridge ceramic fuse.

Ceramic Fuse / Sekering Tabung Keramik

Sekering Tancap

Teknisi kerap menyebut model ini dengan blade fuse. Sekering ini terbagi menjadi empat jenis yang membedakan ukurannya, antara lain Low Profile Fuse, Mini Fuse, ATO Fuse (regular) dan Maxi Fuse.

 

Low Profile Fuse berdimensi paling kecil, dengan kaki konektor yang pendek di sisi sampingnya. Panjangnya tak melebihi bodi keseluruhan yang terbuat dari ebonit yang berfungsi sebagai isulator. Biasa ditemukan pada beberapa produk Nissan, seperti Skyline atau Infiniti.

Low Profile Mini Fuse

 

Mini Fuse memiliki dimensi yang mirip dengan Low Profile Fuse. Namun memiliki perbedaan pada kaki konektor yang lebih panjang di sampingnya. Penggunanya cukup beragam di pasaran mobil tanah air, seperti Honda City, Ford Ranger hingga Peugeot.

Mini Fuse

 

Tipe ATO Fuse atau Regular Fuse, merupakan model sekering yang sangat umum digunakan pabrikan mobil Jepang, Eropa hingga Amerika. Dimensinya tidak begitu besar dengan ciri dua buah kaki konektor yang sedikit lebar. Bahan isolatornya kini umum menggunakan  ebonit, setelah di beberapa generasi sebelumnya menggunakan bahan mika kaca.

Regular Fuse
Regular Fuse

 

Maxi Fuse memiliki dimensi yang cukup besar, biasanya hanya diaplikasikan untuk mobil komersil, peranti audio ekstra atau speedboat bermesin motor bakar. Seperti dimensinya, kemampuan menahan arus besar pula. Sekering ini tersedia mulai 20 ampere hingga 120 ampere.

Maxi Fuse

Sekering Kotak

Sesuai namanya, pemutus arus yang satu ini memiliki bentuk persegi dengan tutup transparan. Penggunaannya khusus untuk peranti elektronik dengan beban listrik besar. Seperti kompresor AC, alternator, pengapian hingga pompa bahan bakar.

Sekering Kotak

 

Seluruh sekering tersebut banyak tersedia di gerai onderdil di tiap kota. Sebaiknya cadangkan sesuai kebutuhan dan jangan mengganti sekering di luar spesifikasi mobil, demi mencegah sekering malfungsi akibat perbedaan besaran ampere. 

 
Updates
Popular

    otodriver.com