Mobil berharga mahal tidak melulu bertampang wah dengan menawarkan kemewahan kontemporer. IAT Karlmann meski berpenampilan aneh, namun harganya tembus Rp 20 miliar. Apa saja kelebihannya?

Beijing Motor Show : IAT Karlmann King, SUV Hebat Rp 20 Miliar yang Bikin Penasaran

 
Beijing Motor Show : IAT Karlmann King, SUV Hebat Rp 20 Miliar yang Bikin Penasaran

Mobil berharga mahal tidak melulu bertampang wah dengan menawarkan kemewahan kontemporer. IAT Karlmann meski berpenampilan aneh, namun harganya tembus Rp 20 miliar. Apa saja kelebihannya?

Sebuah Mega Sport Utility Vehicle (SUV) bertampang sangar hadir pada perhelatan Beijing Motor Show 2016 di Cina. SUV super besar ini adalah IAT Karlmann King prototype milik pabrikan IAT Auto di Cina.

Desainnya sungguh kaku dengan banyak tarikan garis lurus, seolah mengesampingkan paradigma desain aerodinamis yang memiliki kurva halus. Namun karena sepertinya kendaraan ini memang dibuat untuk diajak melintasi medan perang, persoalan desain bukanlah yang utama apalagi rancangan yang aerodinamis.

Bodi bongsor dengan panjang yang mencapai enam meter, SUV ini lebih cocok disebut Monster. Tak hanya itu, sumber tenaga penggerak, menggunakan mesin berkonfigurasi V10 dengan kapasitas 6.800 cc, yang tenaga puncak hingga 390 dk dan torsi 680 Nm. Mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Ford F-450 yang cukup populer di Cina.

IAT Auto hingga kini masih belum menemukan pabrikan yang mau diajak bekerja sama memproduksi Monster ini. Namun ada rencana Karlmann King akan dirakit di Jerman, agar dapat dipasarkan di benua Eropa.

Meski bentuknya terbilang aneh, IAT Auto membanderol SUV super besar ini cukup mahal. Saat pameran berlangsung, Karlmann ditawarkan seharga £1,267,370, atau setara Rp 24,5 miliar!

Lantas apa kelebihannya sehingga harga jualnya selangit?

IAT Auto yang berlokasi di Beijing, Cina menerapkan konsep personaliasi (bespoke) pada SUV Monster ini. Artinya konsumen bisa sesuka hati menentukan material dan warna pilihan untuk interior dan eksteriornya.

Mobil yang dibuat oleh Unique Club, perusahaan karoseri yang bermarkas di Beijing. Pabrik tersebut biasa membuat berbagai jenis mobil Van, dari Ford dan Chevrolet untuk pasar Cina, sehingga sudah terbiasa membuat bodi customize seperti ini. 

Karlmann King sudah dibuat 10 unit dan di dalamnya terdapat berbagai macam aksesori yang bisa dipilih oleh calon pengguna, seperti bar, karaoke, rak minuman serta kulkas, 20 surround speaker, layar datar plus ornamen-ornamen lainnya yang berlapis emas, serta balutan kulit Alcantara dan panel kayu di interior, sehingga harganya langsung menjulang.

Beijing Motor Show, merupakan salah satu pameran berskala internasional yang terakreditasi OICA (lembaga yang memayungi perusahaan otomotif dunia), seperti halnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan diselenggarakan Agustus mendatang.

 

 
Related
Don't miss this stories
Updates
Popular

    otodriver.com