Sukses dengan 570S Coupe, McLaren kini meluncurkan varian 570 GT, berorientasi untuk penggunaan jalan raya ketimbang sirkuit. Kenyamanan dan kepraktisan jelas diutamakan, melalui ruang bagasi jumbo.

Geneva Motor Show : McLaren Perkenalkan 570 GT Supercar Jalanan Berbagasi Luas

 
Geneva Motor Show : McLaren Perkenalkan 570 GT Supercar Jalanan Berbagasi Luas

Sukses dengan 570S Coupe, McLaren kini meluncurkan varian 570 GT, berorientasi untuk penggunaan jalan raya ketimbang sirkuit. Kenyamanan dan kepraktisan jelas diutamakan, melalui ruang bagasi jumbo.

Pada perhelatan Geneva Motor Show yang diselenggarakan mulai 3-13 Maret 2016, pabrikan supercar eksotik McLaren memperkenalkan varian terbarunya 570 GT. Seperti halnya varian GT lain, kali ini McLaren mendesain 570 GT sebagai supercar yang lebih cocok digunakan untuk perjalanan jauh ketimbang penggunaan weekend warrior atau track day.

Berbeda dengan varian 570S Coupe sebelumnya, 570 GT memiliki desain atap berbahan kaca panoramik yang dibuat lebih panjang guna menambah kelapangan kabin. Ubahan ini tidak membuat 570 GT lantas menjadi supercar berkapasitas penumpang 2+2.

Namun lebih sebagai menambah kepraktisan dengan ruangan ekstra sebesar 220 liter dibalik kursi pengemudi dan penumpang. Tentunya ruangan ini dapat difungsikan sebagai bagasi tambahan selain bagasi berukuran 150 liter yang terdapat di moncong depan untuk meletakkan barang saat perjalanan jauh.

Selain bagian atap, penyegaran lain dilakukan oleh Rob Melville – Chief designer McLaren 570 – pada sektor suspensi. Agar pengemudi dan penumpang mendapatkan kenyamanan maksimal dan mengurangi kelelahan saat berkendara panjang, karakter ayunan suspensi dibuat sedikit lebih lunak 15% di bagian depan dan 10% di bagian belakang serta rasio sudut perbandingan kemudi yang tidak terlalu rapat. Tak hanya itu, kini interior 570 GT dibuat lebih mewah berkat lapisan kulit di seluruh bagian interior.

Sumber tenaga penggerak masih mengandalkan V8  3.800 cc Twin Turbocharger bertenaga 570 dk. Namun karena dibuat sebagai road oriented, suara dari knalpot dibuat lebih halus sesuai regulasi jalan raya yang berlaku di mancanegara. McLaren pun harus rela mereduksi akselerasi 570 GT menjadi 3,4 detik untuk 0-100 km/jam karena bobotnya yang lebih berat 37 kg akibat penambahan bagian atap kaca dan penggantian cakram besi menggantikan karbon keramik.

Salah satu bintang pameran Geneva Motor Show ke-88 ini di banderol £ 154.000 atau setara Rp 2,8 miliar. McLaren pun menargetkan akan memproduksi sekitar 400 sampai 500 unit 570 GT untuk 2016 ini.

Geneva Motor Show adalah pameran mobil yang terakreditasi dengan OICA (organisasi yang memayungi industri otomotif dunia), seperti halnya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, yang akan dilaksanakan Agustus mendatang.

 

 

 
Related
Don't miss this stories
Updates
Popular

    otodriver.com