Memberikan hasil lebih efisien dan tenaga optimal, mesin turbo menjadi dapur pacu baru untuk Accord. Tersedia dua pilihan, 1.500 cc dan 2.000 cc.

Honda Accord : Generasi Ke-10 Semua Varian Mesinnya Menggunakan Turbo

 
Honda Accord : Generasi Ke-10 Semua Varian Mesinnya Menggunakan Turbo

Memberikan hasil lebih efisien dan tenaga optimal, mesin turbo menjadi dapur pacu baru untuk Accord. Tersedia dua pilihan, 1.500 cc dan 2.000 cc.

Honda Accord generasi X (10), dikabarkan segera mengaspal tak lama lagi. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sedan ini akan memiliki dimensi lebih besar dan fitur teknologi lebih melimpah.

Walaupun lebih bongsor, namun bobotnya malah lebih ringan 50-80 kg dibandingan versi sebelumnya itu. Hal ini disebabkan penggunaan beberapa komponen bodi berbahan aluminium yang ringan tetapi kuat. 

Selain dimensi yang membengkak, ada hal yang cukup signifikan dari bahasa desain mobil Honda saat ini. Seperti juga Honda Civic Turbo dengan tampilan wajah Solid Wing, hal serupa juga tertanam pada Honda Accord.

Begitu juga desain buritan. Lampu bumerang seperti lampu belakang Civic terpampang di belakang bodi Accord baru ini. Rancangan fastback yang landai seperti pada Civic Turbo sedan atau juga disebut shooting brake pada pabrikan lain, diadopsi pada Accord ini.

Desain maupun konstruksi anyar dengan wheelbase lebih panjang 540 mm serta bodi lebih lebar 10 mm dari sebelumnya, membuat kabin Accord ini lebih lapang dan lega. 

Padahal, bodi keseluruhan lebih pendek 10 mm dibandingkan Accord lama, hal ini disebabkan pemangkasan jarak overhang depan maupun belakang.

Lantas, seperti apa sumber tenaga yang menggerakkan mobil ini?

Honda sepertinya sudah mencanangkan mesin-mesin dengan force induction pada mobil andalannya. Setelah Civic Turbo, lantas Honda CR-V Turbo, yang menggunakan mesin 1.500 cc, Accord pun demikian.

Namun untuk Accord yang lebih bongsor, tenaganya disetel lebih besar outputnya dibandingkan Civic yaitu berdaya maksimum 194,4 PS (192 dk) dengan torsi 260 Nm. 

Sementara Civic menghasilkan daya tertinggi 173 PS (170 dk) dan torsi puncak 220 Nm. Bahkan dibandingkan dengan Honda CR-V sekalipun mesin yang sama pada Accord menghasilkan output tenaga lebih besar. Muntahan daya mesin CR-V, berada di angka 190 PS (187 dk) dan torsi 240 Nm.

Honda Accord 1.500 cc Turbo ini, memiliki transmisi CVT sebagai standar, serta manual 6 percepatan (tipe Sport).

Bertenaga dan efisien, mesin 2.000 cc turbo jadi pilihan
Interior modern dan lebih lega

Namun, mesin 1.500 cc Turbo ini bukan satu-satunya mesin yang digunakan pada Accord baru tersebut. Seperti diwartakan oleh Motor 1  Jumat (14/7), Honda juga menghadirkan pilihan mesin lainnya.

Mesin empat silinder 2.000 cc Turbo, 253 PS (252 dk) dan torsi 370 Nm hadir sebagai menemani mesin 1.500 cc. Dikabarkan mesin ini juga digunakan pada Civic Type R. Mesin ini akan disinergikan dengan transmisi matik baru 10 percepatan, serta manual enam percepatan untuk versi Sport.

Alhasil mesin V6, 3.500 cc, bertenaga maksimum 301 PS (278 dk) dengan torsi 342 Nm, serta mesin empat silinder, 2.400 cc, 176 PS (174 dk) dan torsi 225 Nm, tak digunakan lagi.

Sebagai produk global, tentunya Accord ini akan dipasarkan juga di Indonesia, kita tunggu saja kedatangannya.

Boomerang lamp, mirip dengan Civic, bukan?
Bahasa desain Honda pun kian baku di bagian belakang

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com