GIIAS 2016, menjadi ajang berkumpulnya asosiasi otomotif dunia. Indonesia International Automotive Conference (IIAC), bertema Auto Industry Globalization mengeksplorasi faktor penentu bisnis otomotif.

Indonesia International Automotive Conference ke-11 Digelar Di GIIAS 2016

 
Indonesia International Automotive Conference ke-11 Digelar Di GIIAS 2016

GIIAS 2016, menjadi ajang berkumpulnya asosiasi otomotif dunia. Indonesia International Automotive Conference (IIAC), bertema Auto Industry Globalization mengeksplorasi faktor penentu bisnis otomotif.

Pameran otomotif internasional selalu dilengkapi dengan Seminar mengenai Otomotif, pameran otomotif GAIKINDO yang tahun ini akan berlangsung untuk ke 24 kalinya ini, selalu menyelenggarakan konferensi internasional yang tidak hanya mendatangkan pembicara ahli dari dalam negeri, tetapi juga mendatangkan pakar otomotif internasional. Selain itu konferensi ini menjadi ajang berkumpulnya asosiasi otomotif khususnya untuk wilayah Asia. 

Indonesia International Automotive Conference (IIAC) yang akan berlangsung untuk ke 11 kali pada tahun ini, dilaksanakan untuk membicarakan dan mencari solusi permasalahan otomotif yang dihadapi saat ini.  Asosiasi industri otomotif dunia selalu turut ambil bagian pada tiap penyelenggaraannya, dan kali ini the 11th IIAC akan dihadiri beragam asosiasi mulai dari Japan Automobile Manufacturer Association (JAMA), Korea Automobile Manufacturer Association (KAMA) serta Asosiasi Mobil Malaysia (AAM).

Tema dari Indonesia International Automotive Conference tahun ini bertajuk “Auto Industry Globalization”. Dimaksudkan untuk mengeksplorasi faktor-faktor penentu bagi Industri otomotif Indonesia untuk berkiprah secara global. Dimana, dalam hal ini dibutuhkan peraturan pemerintah yang komprehensif mengenai sumber energi, lingkungan, infrastruktur serta peraturan untuk mendukung daya saing industri otomotif Indonesia.

Industri otomotif Indonesia menjadi salah satu industri andalan yang memiliki peran besar terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional dengan pertumbuhan lebih besar dari rata-rata pertumbuhan PDB sejak 2010.  Industri otomotif juga merupakan elemen penting penggerak roda ekonomi Indonesia, industri ini memberikan lapangan kerja bagi 1,4 juta pekerja di Indonesia, sehingga industri otomotif ini menjadi salah satu industri yang pertumbuhannya sangat diperhatikan Negara.

Oleh karena itu, Konferensi ini bertujuan untuk mendapatkan masukan mengenai upaya peningkatan investasi pengembangan dan pencapaian tujuan roadmapindustri otomotif Indonesia. Konferensi ini akan menghadirkan pakar otomotif dan ekonomi dari dalam negeri dan pakar otomotif internasional sebagai pembicara dengan topik yang beragam guna mencapai apa yang menjadi tujuan pemerintah Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai tujuan produksi dan investasi otomotif dunia.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO menyampaikan bahwa selain sebagai agenda wajib bagi setiap Pameran Otomotif internasional GIIAS, IIAC juga merupakan wadah penting untuk mendorong perkembangan industri Otomotif Nasional, “IIAC akan mempertemukan para pemangku kepentingan dari pemerintah dan industri Otomotif untuk menyamakan tujuan dan langkah yang harus di jalankan untuk terus memberikan dorongan bagi perkembangan industri Otomotif Indonesia,” ujarnya.

Sejak tahun 2014, produksi dan penjualan mobil lokal di Indonesia mengalami penurunan.  Penurunan volume penjualan dan produksi mobil lokal dapat memberikan dampak yang negatif terhadap pembangunan industri komponen. Industri otomotif Indonesia harus bergerak menuju pasar global untuk mengoptimalisasikan penggunaan kapasitas produksi terpasang.

Roadmap industri otomotif telah disusun dengan tujuan untuk mendorong jumlah produksi mobil hingga 2,5 juta unit pada tahun 2020. Target peningkatan produksi tersebut perlu dibarengi dengan target peningkatan investasi yang masuk ke indonesia. Dengan harapan dapat memberikan multiplier effect yang lebih besar bagi industri otomotif dan dalam mendorong perekonomian nasional untuk menjadi lebih baik.

 
Related
Don't miss this stories
Updates
Popular

    otodriver.com