Salah satu kendaraan legendaris asal Rusia Lada 4x4, akan menyambut perayaan 40 tahun berkiprah di dunia. Namun, tampilannya tak sebabkan Lada 4x4 kehilangan bentuk seperti awal kemunculannya.

Lada 4x4 : Sambut Ultah Ke-40 Dengan Ubahan Minor

 
Lada 4x4 : Sambut Ultah Ke-40 Dengan Ubahan Minor

Salah satu kendaraan legendaris asal Rusia Lada 4x4, akan menyambut perayaan 40 tahun berkiprah di dunia. Namun, tampilannya tak sebabkan Lada 4x4 kehilangan bentuk seperti awal kemunculannya.

Tak banyak mobil bikinan Rusia (dahulu disebut sebagai Uni Soviet) yang benar-benar mendunia. Lada Niva atau VAZ-2121 adalah sedikit sekali dari produk asal Rusia yang mendunia.

Pada jamannya, Lada Niva boleh dikatakan sebagai kendaraan yang melebihi jamannya dengan beberapa fitur dan teknologi yang dipakainya.  

Bahkan teknologi ini belumlah populer dipergunakan pada mobil Jepang, Amerika atau pun Eropa pada saat itu.

Tengok saja penggunaan Independent front suspension (IFS) dengan coil spring, permanent four wheel drive dan struktur bodi monokok yang dipergunakan pada Lada Niva yang baru menjadi bagian fitur dari mobil bikinan Eropa, Amerika dan Jepang di kemudian hari.

Kendaraan segala medan ini kini telah genap berusia 40 tahun. Semenjak diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1977, mobil ini banyak mengalami penambahan fitur.

Seperti mesin injeksi ataupun penambahan opsi mesin ataupun body style. Setidaknya terdapat 30 turunan produk dari mobil racikan AutoVaz ini.

Bentuk turunan yang paling populer tak lain adalah lima pintu Long wheel base.

Namun demikian, berbagai perubahan tersebut sama sekali tidak mengaburkan desain asli mobil yang 70% dari produksinya justru diekspor ke luar pasar Rusia.

Nama Niva tak lagi dipergunakan oleh Lada pada crossover imut ini dan diganti nama Lada 4x4 sejak tahun 2014.

Nama Niva ditanggalkan untuk memberi jalan pada kiprah Chevrolet Niva yang tak lain merupakan produk kerjasama antara AutoVaz dan General Motors.

Dalam rangka memperingati ulangtahun ke-40, Lada mengeluarkan 40th Anniversary Version yang hanya ditengarai dengan kehadiran beberapa logo khusus pada beberapa bagian mobil.

Berupa emblem pada bagian fender dan logo embos di sandaran jok. Memang tak ada yang bisa disebut sebagai hal yang istimewa untuk sebuah model yang sudah berumur.

Sejauh ini AutoVaz belum memberikan sinyal akan mengakhiri dari kiprah sang legenda. Dengan kata lain, mobil ini tetap diteruskan hingga batas waktu yang belum ditentukan.  

Selamat ulang tahun Lada 4x4. 

Tak banyak berubah setelah 40 tahun berlalu
 

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com