TMMIN menunjukkan komitmennya mendukung pengembangan SDM di Indonesia dengan memberikan pelatihan yang bertujuan meningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan pelajar.

Program Vokasi TMMIN : Wujud Nyata Kepedulian TMMIN Terhadap SDM di Indonesia

 
Program Vokasi TMMIN : Wujud Nyata Kepedulian TMMIN Terhadap SDM di Indonesia

TMMIN menunjukkan komitmennya mendukung pengembangan SDM di Indonesia dengan memberikan pelatihan yang bertujuan meningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan pelajar.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengokohkan komitmen untuk berkerja-sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat dengan menyerahkan 142 unit alat peraga kepada 39 SMK.

Pengokohan komitmen dan donasi ini sebagai bagian dari acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri Dalam Rangka Membangun Linkand Match Antara SMK dan Industri wilayah Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia di Cikarang – Jawa Barat.

“TMMIN berkomitmen untuk turut berperan aktif dalam program pemerintah di bidang peningkatan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) industri sebagai bagian dari kontribusi kami kepada bangsa dan negara. Kami percaya bahwa SDM industri yang mumpuni yang berday asaing global merupakan landasan utama dalam upaya-upaya untuk memperkuat industri nasional saat ini dan memperbesar industri nasional kedepannya,” ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

Saat ini TMMIN memiliki kapasitas 100 Pelajar, Pencari Kerja, dan Pekerja dalam Program Vokasi Industri. Kedepannya, TMMIN berencana untuk menambah kapasitas peserta menjadi 400 Pelajar, Pencari Kerja, dan Pekerja.

Sebanyak 42 pelatih bersertifikat Toyota diterjunkan untuk membentuk kurikulum kelas dan praktik serta melakukan pengajaran bagi peserta program Vokasi Industri di TMMIN. Dua dari pelatih ini memiliki sertifikat Master Trainer dan memiliki tugas tambahan untuk membentuk pelatih-pelatih baru. Para peserta program Vokasi Industri di TMMIN nantinya akan menerima sertifikasi BNSP dan atau Toyota sesuai dengan jurusan yang dipilih.

TMMIN sendiri telah menjalankan beragam aktivitas pengembangan SDM internal. Selain berbagai pelatihan reguler dan kontes keterampilan di tingkat domestik, regional, dan global untuk karyawan, TMMIN juga telah mengembangkan dan menjalankan 3 pusat pelatihan dan pendidikan yaitu, Toyota Learning Center (TLC).

Fasilitas-fasilitas ini bertujuan untuk semakin mendukung peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan karyawan.

Pada tahun 2015, TMMIN telah mendirikan akademi komunitas, Toyota Indonesia Academy (TIA), yang merupakan akademi manufaktur otomotif setara dengan pendidikan tingkat  Diploma 1 (D1) bagi para lulusan SMK dari berbagai sudut Indonesia.

Siswa-siswi TIA harus melewati fokus pendidikan yang tidak hanya berfokus pada pengetahuan dan kemampuan praktik, namun juga budaya industri yang mengutamakan kedisiplinan, kreatifitas, dan inovasi.

Ini merupakan ciri khas TIA dan dimaksudkan agar para lulusan tidak canggung ketika terjun di lingkungan kerja.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com