Velar merupakan nama prototipe Range Rover pada akhir tahun 60-an, dan kini namanya kembali digunakan untuk varian mid-size Range Rover yang baru. Apa saja perbedaannya?

Range Rover Velar : Inilah Perbedaan Model Lawas Dengan Era Modern

 
Range Rover Velar : Inilah Perbedaan Model Lawas Dengan Era Modern

Velar merupakan nama prototipe Range Rover pada akhir tahun 60-an, dan kini namanya kembali digunakan untuk varian mid-size Range Rover yang baru. Apa saja perbedaannya?

Jasmerah… Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah merupakan semboyan yang dipopulerkan oleh Ir Soekarno, Presiden Pertama Indonesia.

Ternyata tak hanya Bung Karno yang memegang teguh semboyan ‘jasmerah’ tersebut, pasalnya Range Rover juga ternyata menerapkannya sebagai prinsip. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya Velar. Mengapa demikian?  

Seperti kita ketahui, Range Rover Velar merupakan anggota terbaru dari keluarga besar Range Rover dan ditempatkan sebagai mid-size model.

Meski begitu, nama Velar bukanlah sesuatu yang baru dalam silsilah Range Rover.

Karena menurut sejarahnya, penamaan Velar telah dipergunakan pada sebuah prototipe Range Rover pertama yang dilansir 1967.  

Total ada sebanyak 26 varian prototipe yang mampu dibuat rentang tahun 1967 hingga 1970.

Velar sendiri diambil dari bahasa latin ‘Velare’ yang artinya tutup atau cover.

Beberapa sumber menunjukkan, mobil ini dikembangkan dan diproduksi secara diam-diam.

Sepertinya Rover Company tidak menginginkan produknya banyak diketahui dan sebisa mungkin menutupi bentuk prototipenya guna mencegah diketahui para rival. 

Pengembangan mobil yang serba tertutup dan rahasia inilah yang menjadi asal muasal nama Velar.

Meski begitu, saat ini Range Rover sudah mulai terbuka mengenai kehadiran Velar.

Prototipe mobil ini ditawarkan dengan mesin V8  all alumunium 3.600 cc dan mengunakan sasis dengan gardan solid axle.

Di samping itu, ada sesuatu yang menjadikan SUV ini begitu istimewa, yaitu penggunaan per keong pada keempat rodanya dan menggunakan sistem penggerak full-time dengan central-differential locker.

Hal inilah yang menjadi kunci kesuksesan Range Rover selama bertahun-tahun. Sistem ini juga kemudian diturunkan kepada model Defender dan Discovery.

Meski demikian, antara ‘prototipe’ Velar dan bentuk Velar modern telah mengalami banyak perubahan.

Velar yang segera meluncur bakal menggunakan rangka monokok dan suspensi independent untuk bagian depan dan belakang.

Dan pada mesin Velar generasi terkini tak lagi menggunakan mesin V8, namun menggunakan mesin empat silinder segaris dan V6 baik bensin maupun diesel.

Caradvice.com.au (4/3) juga melansir, bahwa Ranger Rover Velar tidak akan seperti leluhurnya yang berwujud SUV dengan dua pintu, karena model baru bakal punya 4 buah pintu.

Prototipe generasi pertama Range Rover dengan ciri khas 2 pintu

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com