Berbeda dengan kondisi pasar di Indonesia, segmen sedan masih cerah di Negeri Gajah Putih. Baru saja Toyota Thailand meluncurkan Yaris Ativ, sedan dengan dapur pacu 1.200 cc serupa dengan Calya.

Toyota : Luncurkan Yaris Ativ di Thailand, Sedan Bermesin 1.200 cc Serupa Toyota Calya

 
Toyota : Luncurkan Yaris Ativ di Thailand, Sedan Bermesin 1.200 cc Serupa Toyota Calya

Berbeda dengan kondisi pasar di Indonesia, segmen sedan masih cerah di Negeri Gajah Putih. Baru saja Toyota Thailand meluncurkan Yaris Ativ, sedan dengan dapur pacu 1.200 cc serupa dengan Calya.

Tidak seperti pasar sedan di Indonesia yang kurang bergairah, segmen sedan di Thailand masih cukup cerah. Seperti diberitakan oleh Paultan.org, Toyota Motor Thailand secara resmi meluncurkan produk terbarunya, Toyota Yaris Ativ Sedan.

Sedan yang mengambil basis dari Toyota Vios ini, akan menjadi rival bagi Honda Brio Amaze yang dipasarkan di Negeri Gajah Putih tersebut.

Desain eksterior mobil ini cukup unik, lihat saja tampilan depannya. Grill besar menyita sebagian bumper, dengan lampu utama cukup besar dan menyipit.

Penempatan DRL yang 'tak lazim', karena berada di bagian atas bumper (di bawah headlamp), juga menjadi pemandangan yang belum membuat mata terbiasa. Namun, buritan memiliki desain yang menarik, terutama desain kurva melandai pada lampu belakangnya.

Jika dilihat dari samping, memang rancangan cukup kentara berbeda dibandingkan versi hatchback. Diberitakan, ada lima varian Yaris Ativ ini, terbagi dalam tipe terendah J Eco, J, E, G dan S. 

J Eco dan J, menggunakan pelek 'kaleng' 14 dan 15 inci, sementara tipe E,G dan S, menggunakan pelek alloy 15 inci.

Seluruh tipe Altis Ativ ini, menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc, lebih kecil dari Vios yang mengandalkan dapur pacu 1.500 cc (2NR-FE). Mesin serupa dengan yang digunakan Toyota Calya maupun Toyota Agya facelfit, yaitu 3NR-VE (Dual VVt-i) bertenaga maksimal 84 dk dengan torsi puncak 108 Nm.

Mesin ini, akan bekerjasama dengan pilihan transmisi otomatik Super CVT-i.

 

Sementara itu, kelengkapan kabin Yaris Ativ cukup jempolan, tentu yang dimaksud adalah pada tipe S. Fitur-fitur andalan meliputi AC otomatis, Headunit berlayar sentuh 7 inci, MID berukuran 4,2 inci, Keyless Entry, Start Stop Button, dan Instrument Cluster Optitron, menjadi pelengkap di tipe tertinggi tersebut.

Sedangkan kelengkapan lain di interior adalah penggunaan bahan fabric maupun lapisan kulit atau urethane (tergantung pada tipenya), sama seperti pelapis door trim, ada yang menggunakan bahan kain (fabric) maupun berlapis kulit dengan jahitan merah. Namun, pilihan warna interior hanya dua, yaitu hitam dan beige.

Hal jempolan justru pada fitur keselamatannya. Tak kurang dari tujuh airbags (depan, samping, curtain (tirai) dan airbag di bawah setir (driver's knee), VSC, kontrol traksi, Hill Start Assist, ABS, EBD dan Brake Assist. Kelengkapan ini ada di semua varian.

Yaris Ativ ini, dipasarkan di Thailand, dengan banderol harga mulai dari 469.000 Baht atau sama dengan Rp 188 juta, hingga 619.000 Baht atau setara dengan Rp 248 juta.

Tentu tak sabar menanti mobil ini masuk Indonesia, bukan? Semoga saja.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com