Seperti ungkapan kembar yang serupa tapi tak sama, cukup banyak perbedaan antara si kembar Agya-Ayla ini. Terpaut harga Rp 5 jutaan, inilah perbandingan tipe tertinggi di antara keduanya.

Perbandingan Fitur Toyota Agya 1.2 TRD vs Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe

 
Perbandingan Fitur Toyota Agya 1.2 TRD vs Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe

Seperti ungkapan kembar yang serupa tapi tak sama, cukup banyak perbedaan antara si kembar Agya-Ayla ini. Terpaut harga Rp 5 jutaan, inilah perbandingan tipe tertinggi di antara keduanya.

Si kembar LCGC bermesin baru ini diluncurkan pada hari yang sama, Jumat (7/4) lalu. Bisa dipastikan, meski merek berbeda keduanya menggunakan jurus yang sama dalam meracik komposisi mesin, sasis dan struktur bodinya. 

Ibarat kata kembar yang berarti serupa tapi tak sama, keduanya tetap memiliki perbedaan. Selain menggunakan emblem berbeda, beberapa hal lain pada daftar spesifikasi juga berbeda.

Kami akan membandingkan tipe tertinggi dari masing-masing merek ini. Toyota Agya diwakili oleh varian 1.2 TRD A/T dengan banderol Rp151,9 juta (OTR Jabodetabek), dikomparasikan dengan Daihatsu Ayla R Deluxe yang dijual seharga Rp 146,25 juta (OTR Jabodetabek).

Dari penampilan, sosok Agya nampak menonjol dengan imbuhan body kit dan roof spoiler TRD yang mencolok. Wajah depannya pun dengan mudah ditengarai perbedaannya.

Spoiler dengan lekukan dinamis pada Ayla
Agya Tak banyak aksen hitam di bumper

Desain grill yang dipergunakan oleh Agya memberikan kesan wajah membulat sedangkan Ayla sebaliknya memberikan kesan wajah yang sedikit mengotak.

Sedangkan jika dilihat dari belakang, keduanya nyaris tidak ada perbedaan mendasar, hanya pada spoiler Ayla memiliki motif lekukan yang membuatnya tampil lebih dinamis.

Kenyamanan berkendara, salah satunya bisa diraih dari kelengkapan di dalam kabin.  Meski keduanya memiliki fitur tombol audio di batang setir, namun Daihatsu Ayla nampak unggul dengan 2-DIN dengan touchscreen.

Sementara Agya masih mengandalkan head unit 2-DIN tanpa touchscreen meski juga bisa terkoneksi dengan Bluetooth untuk disambungkan ke handphone.

Ayla dilengkapi head unit touchscreen 
Head unit bisa terkoneksi dengan Bluetooth

Kelengkapan lain di dalam kabin, kali ini berhubungan dengan fitur keselamatan. Toyota Agya dilengkapi dengan seat belt reminder, yang akan menyala ketika sabuk pengaman itu belum digunakan.

Di titik ini, Toyota Agya lebih lengkap dengan seatbelt tiga titik untuk tiga orang penumpang belakang, sementara Ayla hanya dua orang saja yang mendapatkan seatbelt tiga titik tersebut.

Tether ISOFIX, di seluruh tipe Agya

Begitu pula fitur ISOFIX, untuk pengait child/baby car seat, terdapat pada bangku belakang, menjadi standar versi Agya 1.2 di semua variannya.

Keduanya dilengkapi dengan dua buah airbag dan seatbelt pre-tensioner dan force limiter, akan tetapi Ayla kembali harus berpuas diri dengan absennya active safety berupa Anti-lock Braking System (ABS) .

ABS hanya untuk TRD

Memang, pada Daihatsu Ayla tak dilengkapi rem antiselip ini, tetapi di jajaran Toyota Agya pun, fitur active safety ini hanya tersedia pada tipe TRD 1.2 saja.

Sedangkan fitur keselamatan lainnya, seperti side impact beam, baik Ayla maupun Agya sudah menggunakannya.

Dengan perbedaan kelengkapan ini, selisih harga juga tak terpaut jauh, hanya sekitar Rp 5 jutaan saja. 

 
Related
Updates

otodriver.com