Selisih harga yang tipis dengan Wuling Confero varian termurah mungkin saja menjadi hambatan Formo di pasar Indonesia. Berikut ini perbedaan spesifikasi antara Formo dan Confero.

Wuling Formo Berpotensi ‘Makan’ Pasar Confero, Kenapa?

 
Wuling Formo Berpotensi ‘Makan’ Pasar Confero, Kenapa?

Selisih harga yang tipis dengan Wuling Confero varian termurah mungkin saja menjadi hambatan Formo di pasar Indonesia. Berikut ini perbedaan spesifikasi antara Formo dan Confero.

Wuling resmi masuk dalam persaingan mobil komersial dengan tiga varian sebagai pilihan. Dengan banderol harga Rp 135,8-136,8 juta mobil ini menjadi pilihan baru pelaku usaha taksi online ataupun usaha distribusi barang.

Akan tetapi, ternyata banderol Formo hanya selisih tipis yaitu, Rp 5 juta jika dibandingkan Wuling Confero varian paling rendah yang dilabeli Rp 141,8 juta.

“Pada dasarnya, Formo dan Confero adalah dua hal yang berbeda. Formo dikembangkan khusus sebagai kendaraan angkut yang ekonomis  minim dalam hal pemeliharaan,” terang Dian Asmahani, Brand Manager PT SGMW Motor Indonesia selaku pemegang merek Wuling di Indonesia saat ditemui beberapa waktu lalu di bilangan Jakarta Pusat (7/11). “Sedangkan Confero dikembangkan sebagai kendaraan penumpang dan memiliki mesin yang lebih besar,” sambungnya.

Namun demikian, tak sedikit yang berpendapat bahwa dengan posisi harga yang tergolong tipis tersebut justru akan menjadi hambatan bagi Formo.

“Selisihnya sangat tipis dan bisa saja orang lebih memilih Confero paling murah. Salah satunya karena Confero memiliki mesin yang lebih bertenaga sehingga lebih memiliki kemampuan menjelajah daerah yang lebih luas dan bervariasi,” terang Diki Lestariono salah satu pemilik Confero yang berdomisili di wilayah timur Jakarta beberapa waktu silam. “Terlebih jika dipergunakan sebagai taksi online posisi duduk terutama di baris kedua Confero lebih nyaman,” sambung Diki yang juga menggunakan Conferonya untuk taksi berbasis aplikasi tersebut.

Namun demikian, pria yang memiliki bisnis ekspedisi ini mengatakan bahwa peluang besar Formo bisa saja hadir dari varian blind vannya. “Formo merupakan mobil yang telah disiapkan untuk keperluan antar barang dan memiliki legalitas untuk hal tersebut,” imbuhnya.

Walaupun memiliki dimensi yang sama, keduanya dipersenjatai mesin yang berbeda. Formo menggunakan mesin 1.200 cc bertenaga 77.5 PS/5.600 rpm dan torsi 110 Nm/3.000-4.000 rpm, sedangkan Confero 107 PS/5.800 rpm dan torsi 142 Nm/ 3.800-4.400 rpm.

 

FormoConfero
Panjang               4.493 mmPanjang               4.493 mm
Lebar                   1.691 mmLebar                   1.691 mm
Tinggi                   1.715 mmTinggi                   1.715 mm
Wheelbase           2.720 mm Wheelbase          2.720 mm
Radius putar        5.400 mmRadius putar       5.500 mm
Mesin                  1.206 ccMesin                  1.485 cc
Tenaga                 77.5 PS/5.600 rpmTenaga                 107 PS/5.800 rpm
Torsi                     110 Nm/3.600-4.000 rpmTorsi                     142 Nm/3.800-4.400 rpm
Transmisi             5 speed manualTransmisi             5 speed manual

 

 
Related
Updates

otodriver.com