Persaingan city car bermesin 1.200 cc di bawah Rp 170 juta semakin menarik untuk dicermati. Berikut perbandingan dimensi, fitur keselamatan, spesifikasi mesin dan harganya.

Ignis GX AGS vs Brio Satya E CVT vs Agya TRD A/T : Dimensi, Fitur Keselamatan, Mesin dan Harga

 
Ignis GX AGS vs Brio Satya E CVT vs Agya TRD A/T : Dimensi, Fitur Keselamatan, Mesin dan Harga

Persaingan city car bermesin 1.200 cc di bawah Rp 170 juta semakin menarik untuk dicermati. Berikut perbandingan dimensi, fitur keselamatan, spesifikasi mesin dan harganya.

Di tahun 2017 ini industri otomotif roda empat Indonesia seakan mengalami pergeseran selera pasar.

Setelah tahun-tahun sebelumnya konsumen seakan dihadapi oleh pilihan mobil-mobil bergenre MPV yang sangat banyak, hal tersebut tak berlaku lagi ketika memasuki tahun Ayam Api.

Baru empat bulan 2017 berjalan, para produsen sudah tancap gas menampilkan beberapa model unggulan baru yang digadang-gadang mampu memperoleh keuntungan untuk perusahaan.

Menariknya, rata-rata jagoan baru yang diperkenalkan sejak awal tahun adalah mobil-mobil perkotaan berkapasitas 5 penumpang.

Setelah tanggal 7 April yang lalu Toyota dan Daihatsu menampilkan model terbaru Agya dan Ayla yang telah naik kelas, karena memiliki porsi mesin 1.200 cc.

 

Tepat Senin lalu (18/4), Suzuki juga ikut-ikutan melahirkan sebuah hathback yang diberi nama Ignis.

Yang berbeda, mobil ini disebut sebagai urban SUV, karena bentuknya yang lebih terlihat maskulin ketimbang para rivalnya.

Namun, apakah pengganti Splash dalam line up dagangan baru Suzuki ini mampu mencuri perhatian customer dengan bentuknya yang menawan?

Kali ini, Carreview.id coba membandingkannya Ignis GX AGS dengan Brio Satya E CVT dan Toyota Agya TRD yang sama-sama varian tertinggi.

DIMENSI 

Dengan kapasitas penumpang yang sama, ketiganya memiliki dimensi yang nyaris serupa.

Ignis dihadirkan dengan panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.595 mm. Sementara panjang wheelbasenya mencapai 2.435 mm.

Sedangkan rivalnya seperti Agya 1.2-L TRD dilengkapi PxLxT 3.660 mm, 1.600 mm dan 1.520 mm. Kemudian, mobil ini dirakit dengan jarak sumbu roda mencapai 2.450 mm.

Dibanding keduanya, Brio Satya E CVT hadir dengan dimensi yang lebih compact, yaitu PxLxT 3.640 mm X 1.680 mm X 1.485 mm dan wheelbase 2.345 mm.

FITUR KESELAMATAN 

Ignis sebagai yang paling bungsu telah dilengkapi dengan struktur body Total Effective Control Technology untuk pendukung keselamatan dan platform baru HEARTECT high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel memungkinkan IGNIS tetap andal digunakan di jalanan offroad.

Sementara Agya TRD juga tampil dengan fitur keselamatan yang cukup mumpuni.

Jika keduanya dibandingkan dengan Brio Satya E CVT, maka Agya TRD dan Ignis memiliki keunggulan fitur, seperti iSOFIX dan seatbelt tiga titik di bangku tengah belakang di mana

Satya hanya memiliki dua titik di bagian tersebut.

Meski begitu, ketiga mobil telah dilengkapi dengan SRS Airbags dan Seatbelt reminder sebagai fitur keselamatan standar.

SPESIFIKASI MESIN

Sebagai pendatang baru dikelas hatchback 1.200 cc, Ignis cukup menjanjikan dengan mesin empat silinder K12M berkapasitas 1.197 cc yang didukung Variable Valve Timing (VVT) dan juga DOHC.

Hasilnya, Ignis mampu mencetak tenaga 83 dk/6.000 rpm dan memiliki torsi 113 Nm/4.200 rpm.

Sedangkan untuk Agya TRD yang mengandalkan mesin berkapasitas 1.197 cc 4 silinder dengan 3NR-FE Dual VVT-i yang kini ada pada Agya TRD sanggup mengais daya 86,7 dk/6.000 rpm dan torsi 108 Nm/4.200 rpm.

Hasilnya cukup bersaing dengan mesin SOHC 1.198 cc 4 silinder i-VTEC milik Brio Satya E yang mampu menggelontorkan tenaga 88 dk/6.000 rpm serta 110 Nm/4.800 rpm.

Jika berbicara soal performa, Brio Satya E CVT masih yang paling baik dalam hal tenaga dibanding kompetitornya. Hanya saja, Brio Satya masih kalah dengan Ignis dalam urusan torsi.

HARGA 

Suzuki memasarkan Ignis GX AGS Rp 169,5 juta, sementara Agya TRD A/T dibanderol PT Toyota Astra Motor Rp 151,9 juta dan Brio Satya E CVT dipasarkan PT Honda Prospect Motor seharga Rp 151,5 juta.

 
Related
Updates

otodriver.com